Meresahkan dan Membahayakan, Sekolah di Jombang Razia Lato-Lato Siswa SD

ifta - Selasa, 17 Januari 2023 19:33 WIB
Razia mainan lato-lato di Jombang Jawa Timur, Selasa (17/1).

Jombang, Halojatim.com- Mainan lato-lato yang terbuat dari bahan yang cukup keras dinilai membahayakan bagi pemakainya maupun orang di sekitarnya.

Terlebih jika lato-lato digunakan siswa SD untuk mainan, karena hal itulah sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang Jawa Timur melakukan razia lato-lato.

Kali ini razia dilakukan oleh para guru Madrasah Ibtidaiyah di Desa Genukwatu terhadap para siswanya.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Genukwatu Miftahudin mengatakan pihak sekolah sudah meminta kepada wali murid agar anak-anak tidak membawa mainan lato-lato ke sekolah.

"Lato-lato kan keras, jadi kami mengantisipasinya, apalagi pernah ada yang kena lato-lato," kata Miftahudin di Jombang, Selasa (17/1) dari laman Antara.

Razia dilakukan sebelum jam pelajaran berlangsung. Kata dia guru-guru dibagi menjadi beberapa tim, sehingga razia bisa segera diselesaikan.

Para guru memeriksa tas anak-anak. Satu per satu tas diperiksa, dan hasilnya masih ada anak-anak yang membawa mainan tersebut ke sekolah. Mereka menaruhnya di dalam tas.

Guru yang mendapati mainan lato-lato murid tersebut langsung membawa mainan ke ruang guru. Namun, murid diizinkan untuk membawanya lagi setelah jam pelajaran sekolah berakhir. ***

RELATED NEWS