Kolaborasi Parade Budaya Jember dan Jembrana, Ada Reog hingga Ogoh-ogoh

ifta - Rabu, 17 Mei 2023 08:47 WIB
Parade budaya Jember dan Jembrana pukau warga

Jember, Halojatim.com- Parade yang menampilkan budaya Jember dan Jembrana Bali memukau ribuan orang di Jember.

Kolaborasi dua kebudayaan besar ini menampilkan berbagai macam atraksi dan kekayaan budaya.

Kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), dan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, telah menggelar sebuah hajatan besar yaitu parade budaya pada Sabtu, 13 Mei 2023 lalu.

Ribuan orang terpesona dengan berbagai penampilan seni budaya Indonesia yang melintasi jalan protokol utama Jember, mulai dari depan Kantor Uji Kendaraan Bermotor hingga Alun-alun Jember.

Dalam parade tersebut, terdapat kirab Jember Fashion Carnaval, Hadrah Al Jiduri, Tabutta'an, Tari Lahbako yang diiringi oleh musik patrol, Reog, Ogoh-ogoh, Mepeed, Baleganjur, Kereta Kencana, Barongsai, dan masih banyak lagi.

Berbagai penampilan seni budaya ini memukau ribuan penonton yang hadir. Tampak mereka banyak mengabadikan momen tersebut.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, menjelaskan bahwa kolaborasi antar daerah ini dilakukan sebagai sarana promosi potensi lokal masing-masing daerah.

“Melalui kolaborasi ini, masyarakat Jember dapat mengenal potensi yang dimiliki oleh Jembrana, begitu pula sebaliknya,” kata dia dikutip pada Rabu (17/5).

Tidak hanya warga Jember yang menonton, tetapi juga warga Jembrana datang ke Jember untuk menyaksikan penampilan seni budaya tersebut.

Hal ini juga berdampak positif terhadap perekonomian di Jember, dengan peningkatan penjualan para pedagang kecil, tingkat hunian hotel yang meningkat, peningkatan kunjungan di tempat wisata di Jember, dan lain sebagainya.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, merasa bahagia dan senang dengan sambutan hangat dari warga Jember.

Ia menyatakan bahwa seni budaya dari Jembrana, Bali, mendapatkan respons positif di Jember. Warga Jember menunjukkan antusiasme terhadap seni budaya dari daerah mereka dan juga ramah dalam menyambut kunjungan dari Jembrana. ***

Editor: ifta

RELATED NEWS