FK Untag Surabaya Dibuka Tahun Ini untuk 50 Mahasiswa Baru

Asih - Sabtu, 18 Februari 2023 21:13 WIB
Rektor Untag Surabaya, Prof Mulyanto Nugroho (tengah) saat menerima tim visitasi dari Kementerian Kesehatan.

SURABAYA | halojatim.com - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya siap membuka Fakultas Kedokteran (FK) di tahun perkuliahan 2023/2024 ini.

Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanti Nugrohi optimis, semua syarat bisa beres pada April 2023 ini.

Dikatakan Prof Mulyanto, visitasi sudah dilakukan Kemendikbudristek dan Kemenkes RI. Hingga kini, tinggal menunggu visitasi dari Konsul Kedokteran Indonesia (KKI) yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

BACA JUGA :


"Kita pastikan vistasi beres pada Maret dan April bisa kita selesaikan semua. Kita bisa langsung buka untuk pendaftaran mahasiswa baru," katanya.

Dekan FK Untag Surabaya, dr Poerwadi mengatakan FK ini nantinya akan fokus menyiapkan calon dokter yang profesional dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama infeksi, kegawatdaruratan dan kebencanaan serta penyakit tropis.

"Banyak alasan mengapa kami fokus ke sana. Di negara tropis itu salah satunya infeksi. Selain itu, Indonesia juga berada di kawasan yang rentan terjadi bencana dan kegawatdaruratan," jelasnya.

Untuk FK ini, Untag Surabaya sudah menyiapkan 26 dosen yang merupakan dokter spesialis yang sangat kompeten di bidang masing-masing.

Dosen itu sudah dipersiapkannya sejak empat tahun lalu, tepatnya sejak Untag Surabaya mengajukan diri untuk membuka fakultas ini. Untuk sementara kuotanya 50 mahasiswa.

Editor: Asih

RELATED NEWS