Siap-siap Bawa Payung, Wilayah di Jatim Ini Bakal Diguyur Hujan Saat Malam Tahun Baru

ifta - Kamis, 29 Desember 2022 08:11 WIB
BMKG memprediksi wilayah Jatim akan diguyur hujan saat malam pergantian tahun nanti

Surabaya, Halojatim.com- Bagi warga yang ingin menghabiskan pesta pergantian tahun pada 31 Desember 2022 malam harus siap-siap bawa payung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan akan terjadi hujan di sejumlah kota di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Dalam sepekan terakhir ini akan terjadi puncak musim hujan sehingga sejumlah wilayah kabupaten kota di Jatim juga akan lebih dingin lantaran diguyur hujan seharian.

Bahkan sejumlah daerah seperti di Jember seharian digyur hujan dan membuat banjir terjadi di sejumlah titik di wilayah ini sejak Rabu malam kemarin.

Potensi hujan di wilayah Jatim ini seperti disampaikan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan.

Dia mengatakan perlu diwaspadai pada malam tahun baru diprakirakan beberapa wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Kata dia beberapa kota kabupaten yang dimaksud adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Batu, Bojonegoro, Jember, Jombang, Lumajang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Bondowoso, Lamongan, Kabupaten Madiun, Magetan, Kabupaten Malang, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, Sumenep, Tuban, Kota Blitar, Tulungagung.

"Berdasarkan analisis kondisi iklim, wilayah Jawa Timur saat ini berada pada puncak musim hujan dan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," ujarnya, dikutip pada Kamis (29/12) dari laman Antara.

Ia mengatakan, Monsun Asia menunjukkan aktivitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir serta adanya seruakan dingin (Cold Surge). ***

RELATED NEWS