Ratusan Peternak Ikuti Kontes Kambing Pra Piala Presiden di Lumajang

ifta - Senin, 19 Juni 2023 12:37 WIB
Ratusan Peternak Ikuti Kontes Kambing di Pra Piala Presiden, lokasinya di Lumajang.

Lumajang, Halojatim.com- Kontes kambing digelar di Lumajang Jawa Timur (Jatim) sebagai pemanasan sebelum Piala Presiden digelar.

Kali ini ada ratusan pecinta kambing yang ikut kontes dari berbagai daerah di Jawa Timur yang berpartisipasi dalam Kontes Kambing Etawa Ras Senduro Tahun 2023 di Kabupaten Lumajang.

Kontes tersebut diikuti oleh ratusan peserta, termasuk dari Kabupaten Malang, Banyuwangi, Pasuruan, Lamongan, Jember, dan Probolinggo. Terdapat 11 kelas dalam kontes kambing etawa Ras Senduro yang dilombakan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, memiliki harapan agar event-event di Kecamatan Senduro dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat setempat, terutama yang terlibat dalam usaha peternakan kambing dan produksi susu.

"Kami berharap Senduro tidak hanya menjadi destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, tetapi juga menjadi tuan rumah untuk berbagai event dan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Senduro," kata Thoriqul Haq saat menghadiri Open Kontes Kambing Senduro Pra Piala Presiden 2023 di Bumi Perkemahan Glagaharum Kabupaten Lumajang, pada Minggu (18/6/2023).

Bupati Thoriqul Haq juga menyatakan apresiasi terhadap Kontes Kambing Pra Piala Presiden 2023, mengingat Kabupaten Lumajang memiliki kambing etawa ras Senduro yang khas.

"Kambing Senduro ini harus terus dijaga dan dikembangkan, karena ini merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Lumajang dan juga Indonesia," ujarnya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung dan meningkatkan kegiatan sejenis ini di masa depan, sehingga kontes kambing akan tetap diadakan di Kabupaten Lumajang dalam tahun-tahun mendatang. ***

Editor: ifta

RELATED NEWS