Liburan Murah Meriah, hanya Perlu Rp154 Ribu dari Jogja ke Bali

ifta - Sabtu, 09 Desember 2023 17:27 WIB
Ilustrasi wisata di Pulau Bali

Surabaya, Halojatim.com - Punya niat liburan ke Bali dengan budget murah meriah?

Ini rute dan pilihan kendaraan yang bisa dipakai jika ingin liburan ke Bali dengan anggaran terbatas.

Bahkan jika Anda mengawali perjalanan dari Yogyakarta, hanya perlu kurang lebih Rp154 ribu plus biaya penyeberangan kapal fery.

Biaya di kisaran Rp154 ribu adalah harga termurah dan teririt.

Berikut Trenasia memberikan rekomendasi alternatif perjalanan menuju Pulau Bali dari Yogyakarta dengan biaya yang cukup terjangkau. Start perjalanan dimulai dari Kota Pelajar Yogyakarta.

Rekomendasi yang diberikan untuk menuju Pulau Dewata yaitu dengan menggunakan moda kereta api, kapal laut, dan bus. Dari Yogyakarta, perjalanan dimulai dengan menggunakan Kereta Api Sri Tanjung yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan dengan tujuan akhir Stasiun Ketapang, Banyuwangi.

KA Sri Tanjung merupakan kereta kelas ekonomi subsidi dengan harga tiket yang terjangkau hanya Rp94.000 untuk rute Jogja-Ketapang, Banyuwangi dengan waktu tempuh sekitar 12 jam 50 menit. Kereta berangkat dari Stasiun Lempuyangan pada pukul 07.20 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang, Banyuwangi pada pukul 20.10 WIB.

Perlu diingat, sebagaimana kereta ekonomi pada umumnya, tiket KA Sri Tanjung ini seringkali habis dalam waktu cepat. Oleh karenanya apabila ingin menggunakan kereta ini, disarankan agar memesan tiketnya jauh hari.

Selain itu bangku pada kereta ini memiliki sandaran yang tegak sehingga bila penumpang tidak terbiasa maka akan merasakan rasa pegal. Namun meski kereta ekonomi, interior dalamnya telah dilengkapi AC serta bebas asap rokok dan asongan tentunya.

Alternatif kedua apabila enggan menggunakan KA Sri Tanjung yaitu menggunakan KA Wijayakusuma dari Stasiun Yogyakarta dengan tujuan akhir yang sama dengan jadwal keberangkatan pukul 18.40 WIB dan tiba pukul 06.00 WIB. Sangat cocok jadwalnya sebab tiba di Banyuwangi kala fajar menyingsing.

Waktu tempuhnya juga cepat sekitar 11 jam 20 menit. Kereta ini membawa kelas ekonomi premium dan eksekutif. Harga tiketnya untuk ekonomi premium sekitar Rp320.000 sampai Rp380.000 sedangkan eksekutif antara Rp430.000 sampai Rp600.000.

Memang cukup menguras kantong apabila memilih kereta ini namun sebanding dengan fasilitas yang didapatkan sehingga pilihan kedua kereta itu berada di tangan anda sebagai pemilik kantong untuk berwisata. Pemesanan tiket kedua kereta itu dapat dilakukan melalui aplikasi yang disediakan PT KAI maupun di berbagai aplikasi lain yang menjualnya.

Sesampainya di Stasiun Ketapang, wisatawan dapat istirahat sebentar untuk meregangkan otot-otot seusai perjalanan naik kereta. Selanjutnya dapat berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang yang dari Stasiun hanya berjarak sekitar 450 meter saja dari stasiun.

Dari Pelabuhan ini wisatawan melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan Kapal Fery untuk menyebrang menuju Pulau Bali. Tiket Kapal Fery dapat dibeli secara online mengunjungi situs resmi www.ferizy.com. Melalui laman tersebut wisatawan dapat memilih jadwal keberangkatan yang sesuai serta rute yang diinginkan.

Harga tiket Kapal Fery untuk rute penyeberangan Ketapang-Gilimanuk yaitu Rp10.600 untuk satu orang. Waktu tempuh penyeberangan berkisar antara 1 jam atau lebih tergantung kondisi perairan di Selat Bali.

Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, wisatawan dapat melanjutkan perjalanannya menuju Kota Denpasar dengan menggunakan moda transportasi bus yang tersedia di kawasan tersebut. Sebagai contoh bus yang dapat digunakan yaitu PO Sehati.

Merujuk dari situs resmi perusahaan otobus tersebut, harga tiket untuk rute Gilimanuk-Denpasar dibanderol harga kurang lebih Rp50.000. Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui website PO bus tersebut.

Pilihan jam keberangkatan dari Gilimanuk tujuan Denpasar juga beragam mulai paling awal pukul 00.30 WITA hingga terakhir pada pukul pukul 16.00 WITA. Sesampainya di Denpasar, Wisatawan bebas untuk menentukan pilihan wisatanya sebab terdapat banyak lokasi menarik di Kota tersebut. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 09 Dec 2023

RELATED NEWS