Dari Banyuwangi ke Sumenep PP Bisa Lewat Udara

Asih - Selasa, 11 Januari 2022 19:04 WIB
Inaugurasi penerbangan perdana Sumenep – Banyuwangi, Selasa (11/1/2022).

BANYUWANGI | halojatim.com – Warga Banyuwangi yang hendak ke Sumenep di Madura, kini tidak lagi melewati jalur darat atau laut yang membutuhkan waktu lama.

Karena maskapai Susi Air siap untuk melayani warga Banyuwangi yang hendak ke Sumenep atau sebaliknya mulai Selasa (11/1/2022).

Penerbangan perdana ini dimulai dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Banyuwangi, menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan.

Baca Juga :

Di penerbangan perdana, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Kepala UPBU Trunojoyo Moh Arqodri Arman, serta jajaran Forkopimda Sumenep turut serta.

Jadwal penerbangan tersebut beroperasi dua kali dalam sepekan, pada Selasa dan Rabu, dengan waktu tempuh 45 menit. Untuk Selasa, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 12.20 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 13.05 WIB. Adapun dari Banyuwangi, pesawat bertolak pukul 13.15 WIB dan tiba di Sumenep pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk Rabu, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 10.40 WIB, tiba di Banyuwangi pukul 11.25 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi pesawat berangkat pukul 11.35 WIB dan tiba di Sumenep pukul 12.20 WIB.

Kepala UPBU Trunojoyo, Moh Arqodri Arman mengatakan, rute ini dibuka sebagai solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura yang memakan waktu lebih dari sepuluh jam.

"Dengan penerbangan ini, Banyuwangi-Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif,"katanya.

Qodri menambahkan, harga tiket untuk rute ini cukup terjangkau. Untuk rute dari Sumenep ke Banyuwangi, hanya Rp245 ribu. "Sebaliknya, tarif dari Banyuwangi ke Sumenep hanya Rp299 ribu," katanya.

Editor: Asih

RELATED NEWS