Ciri-ciri Jajanan Mengandung Boraks dan Formalin, Hati-hati Saat Beli Makanan Ini di Bulan Puasa

ifta - Senin, 20 Maret 2023 20:54 WIB
Jelang Ramadhan, Tim Gabungan Kediri Temukan Bahan Makanan Mengandung Boraks dan Pewarna Bahaya

Kediri, Halojatim.com- Cara mudah melihat makanan atau jajanan yang mengandung kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin.

Lalu bagaimana ciri-cirinya, berikut ini dikutip dari keterangan resmi Pemkot Kediri usai melakukan sidak menjelang bulan Ramadan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima mengatakan tim gabungan menyisir sejumlah pedagang dan mengambil 21 bahan makanan yang digunakan sebagai uji sampel.

Di antaranya krupuk mentah, mie basah, teri nasi, cumi kering, cincau, cendol, tahu, dll.

Dari hasil sidak ditemukan beberapa sampel bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti pewarna sintetis rhodamin B, formalin dan boraks.

Rusdia Fatatik, Perwakilan Loka POM Kediri menuturkan, masyarakat harus teliti dan cermat dalam memilih bahan makanan yang akan diolah untuk dikonsumsi.

Rusdia menjabarkan ciri-ciri makanan yang mengandung bahan berbahaya di antaranya berwarna cerah dan tajam, tidak dihinggapi lalat, berwarna putih bersih dan cenderung kenyal untuk bahan yang mengandung boraks.

“Kita akan menghimbau pedagang supaya tidak memperjual belikan barang atau bahan baku yang berbahaya dan memberi pengarahan untuk berhati-hati untuk memilih bahan baku yang diperjualbelikan. Untuk masyarakat juga harus pandai menjadi konsumen yang cerdas, jika melihat ciri-ciri yang disebutkan tadi mohon untuk tidak dipilih,” jelasnya. ***

RELATED NEWS