Belasan Desa di Situbondo & Bondowoso Gelar Merdeka Heppiii, Kompak Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga

ifta - Sabtu, 23 September 2023 11:15 WIB
Belasan Desa di Situbondo & Bondowoso Gelar Merdeka Heppiii, Kompak Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga

Halojatim.com- Karang taruna (Karta) yang tergabung dalam 76 Heppiii Community di Situbondo & Bondowoso menggelar kegiatan sosial dengan serempak membagikan sembako kepada warga.

Pembagian sembako ini dilakukan untuk menyemarakkan HUT kemerdekaan RI yang mengambil tema Merdeka Heppiii.

Koordinator 76 Hepiii Community Situbondo Moch. Ridwan mengatakan, belasan desa ini menggelar kegatan Merdeka Heppiii dengan caranya masing-masing. Ada yang digunakan untuk syukuran & selamatan desa, lomba-lomba 17-an, hingga karnaval.

"Ada juga yang digunakan untuk berbagi, yakni dengan membagikan sembako kepada warga sekitar. Jumlahnya ada ratusan paket," kata Moch. Ridwan didampingi panitia acara dari masing-masing Karta pada Jumat (22/9).

Ridwan merinci beberapa desa yang menyalurkan paket sembako ini, yakni Alasmalang ada 65 paket, kemudian Kendit 60 paket, Sumberanyar 60 paket, lalu Gebangan 70 paket, Botolinggo ada 100 paket. Paket sembako ini berisi minyak goreng plus mie, ada juga minyak, mie dan gula.

Kegiatan 76 Merdeka Heppiii diikuti oleh 17 desa di Situbondo & Bondowoso. Belasan desa yang terlibat dalam kegiatan 76 Merdeka Heppiii ini adalah Karta atau komunitas Bakti Pemuda Desa Alasmalang, kemudian remaja masjid (Remas) Al Munawaroh, Desa Gayam Lor, kemudian Petani Heppiii Desa Kendit, Pejuang Heppiii Desa Patemon, lalu ada Komunitas Heppiii Desa Gelung, Pejuang Heppiii Desa Cermee, lalu ada Pejuang Heppiii Desa Gayam.

Selanjutnya ada Kelompok Pengajian Desa Sundang Botolinggo, Remas RSC Desa Sumberanyar, Takmir masjid Nuruttaubah Desa Gebangan. Takmir Masjid Darussalam Desa Tanjung Pecinan, kemudian remas Al Muchlisin Desa Bantal, lalu ada takmir masjid Darussalam Desa Walidono.

Selanjutnya ada kelompok Pengajian Desa Kedungdowo, Kelompok pengajian Desa Kembang Suko, lalu ada Remas Nurul Huda Paras, Desa Duwet, dan Komunitas Heppiii Desa Peleyan.

Bukan hanya di Situbondo, Kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan di ratusan desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan. Rinciannya Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 17, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Koordinator Heppiii Community di tingkat pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba," jelasnya. ***

Editor: ifta
Bagikan

RELATED NEWS