Rumah Sakit di IKN Mulai Dibangun, Nilai Investasi Capai Rp2 Triliun

ifta - Sabtu, 23 September 2023 07:09 WIB
Groundbreaking RS Abdi Waluyo di IKN (BPMI Setpres)

JAKARTA, Halojatim.com - Rumah sakit pertama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai dibangun.

Anggaran yang diinvestasikan untuk membangun komplek rumah sakit ini mencapai Rp2 triliun.

Rumah sakit ini dibangun dengan jumlah 400 kamar perawatan. Rumah sakit ini aka difungsikan sebagai rumah sakit sub-spesialis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking rumah sakit pertama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat 22 September 2023. Rumah sakit ini bernama RS Abdi Waluyo Nusantara.

Nantinya RS tersebut akan melayani perawatan sub-spesialis dengan kapasitas kamar mencapai 400 kamar perawatan. “Setelah kemarin hotel, tadi pagi training center-nya PSSI, sekarang Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara yang segera akan kita groundbreaking,” ujar Presiden Jokowi di IKN, Jumat.

Presiden mengatakan rumah sakit tersebut bukan RS umum. “Jadi bukan rumah sakit umum, tapi sub-spesialis,” ujar Jokowi. Presiden berharap keberadaan rumah sakit tersebut dapat menjadi daya tarik dari berbagai tempat bukan hanya sekitar IKN, tapi seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah mengungkapkan jika RS Abdi Waluyo resmi mengajukan pembangunan rumah sakit di IKN. RS tersebut kala itu telah mengirimkan surat kepada Badan Otoria IKN dan kemudian mendapatkan tanah seluas 5 hektare untuk dibangun.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 23 Sep 2023

Bagikan

RELATED NEWS