Copilot, Kecerdasan Buatan Punya Microsoft

Asih - Jumat, 22 September 2023 22:34 WIB
Microsoft Copilot

JAKARTA | halojatim.com – Microsoft beberapa waktu lalu umumkan peluncuran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru, Microsoft Copilot yang disebut dirancang untuk merevolusi cara manusia berinteraksi dengan teknologi dan meningkatkan produktivitas.

Microsoft menyebutkan AI baru miliknya itu akan tersedia di Windows 11, Microsoft 365, Edge, dan Bing untuk memberikan pengalaman mulus bertenaga AI pada seluruh aplikasi dan perangkat secara gratis.

“Kita memasuki era baru AI, yang secara fundamental mengubah cara kita berhubungan dan memanfaatkan teknologi. Dengan konvergensi chat interface dan large language models, kini Anda dapat menanyakan apa pun yang Anda inginkan dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan,” ujar Corporate Vice President & Consumer Chief Marketing Officer Microsoft, Yusuf Mehdi dalam keterangan resmi 22 September 2023.

Pemilihan nama Copilot menurut Mehdi karena AI ini akan memberikan pengalaman setiap pengguna seperti memiliki copilot pribadinya yang membantu mengerjakan tugas apapun dan menavigasikan para pengguna.

Microsoft Copilot merupakan penggabungan teknologi Microsoft AI ke dalam satu teknologi. Copilot secara unik akan menggabungkan konteks dan kecerdasan web, data pekerjaan pengguna, dan semua aktivitas Personal Computer (PC) untuk membantu pengguna namun dengan tetap mengedepankan privasi serta keamanan pengguna.

Microsoft Copilot juga akan tersedia sebagai aplikasi atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan. “Copilot adalah salah satu pengalaman AI yang dapat digunakan untuk apa pun dalam hidup Anda,” tulis Microsoft dalam keterangan resminya.

Microsoft akan menghadirkan lebih dari 150 fitur baru dalam update Windows 11. Fitur-fitur ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas, menyelesaikan tugas dengan lebih efisien, dan mengurangi kompleksitas dalam aktivitas sehari-hari.

Dalam pembaruan ini, Microsoft akan AI Copilot yang terintegrasi, Outlook baru yang dikhususkan untuk Windows, peningkatan AI pada Paint dan Photos, peningkatan pada Clipchamp dan Notepad, modernisasi File Explorer, serta suara alami baru di Narrator yang akan memperbaiki aksesibilitas dan produktivitas Anda. Melalui update ini, Windows akan menjadi platform unggulan dalam pengalaman berbasis AI.

Fitur-fitur terbaru di Bing dan Edge mencakup respons yang disesuaikan dengan percakapan sebelumnya, peningkatan model DALL.E 3 dari OpenAI dalam pembuat gambar Bing, serta Content Credentials baru yang menerapkan metode kriptografi untuk menyematkan watermark digital yang tidak terlihat pada semua gambar yang dihasilkan oleh AI di Bing, termasuk informasi waktu dan tanggal pembuatan.

Copilot juga akan hadir pada Microsoft Shopping yang nantinya membuat Bing dan Edge dapat menawarkan rekomendasi yang lebih personalisasi serta harga terbaik dengan dukungan AI. Pengguna juga dapat dengan mudah memulai proses berbelanja dengan menggunakan foto atau gambar yang telah mereka simpan yang nantinya barangnya akan dicarikan Copilot.

Selain itu, mulai 1 November 2023, pelanggan enterprise akan dapat mengakses Microsoft 365 Copilot for Enterprise bersama dengan Microsoft 365 Chat. Ini adalah asisten AI baru yang akan mengubah cara kerja di lingkungan enterprise.

Lebih dari 160 juta pengguna Microsoft 365 sekarang dapat mengakses Bing Chat Enterprise secara gratis, termasuk dalam aplikasi mobile Microsoft Edge. Pencarian visual multimodal dan Image Creator akan ditambahkan untuk meningkatkan kreativitas di lingkungan kerja.

Update terakhir yang diumumkan Microsoft adalah Microsoft Designer yang akan diintegrasikan dengan Microsoft 365 Copilot untuk pengguna pribadi, serta diintegrasikan dengan Word. Designer akan membantu pengguna mengubah dokumen yang penuh teks dengan grafik khusus untuk membuat aset visual, postingan media sosial, undangan, dan banyak lainnya.

Microsoft Copilot akan diluncurkan dalam bentuk Beta-nya pada rilis Windows 11 berikutnya mulai tanggal 26 September.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 22 Sep 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS