Bank Dunia Cek Langsung Potensi Wisata di Lumajang, Peluang Dapat Proyek Besar

ifta - Jumat, 30 September 2022 17:27 WIB
Konsultan World Bank melihat langsung keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Pronojiwo.

Lumajang, Halojatim.com- Sejumlah potensi wisata di wilayah Lumajang sedang dicek langsung oleh konsultan World Bank guna memastikan pembiayaan pengembangan pariwisata di kabupaten ini.

Ada sejumlah wilayah yang diusulkan pemerintah daerah setempat untuk dikembangkan infrastrukturnya.

Sejumlah daerah wisata Lumajang masuk dalam Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Bromo-Tengger-Semeru.

ITMP merupakan kegiatan yang mendapat dukungan Bank Dunia dalam rangka pengembangan pariwisata di Tanah Air.

"Lumajang masuk dalam proyek ITMP Bromo Tengger Semeru, mulai 2020 pemkab sudah mengusulkan Gate Senduro, itu ada rest area, UKM dan lain-lain disitu, pemerintah pusat akan membangun dengan dibiayai World Bank," kata Kepala Bappeda Lumajang, Retno Wulan Andari, Kamis kemarin.

Pengembangan pariwisata ini bukan hanya memuat dukungan infrastruktur, namun juga meliputi perencanaan peningkatan dukungan kapasitas kelembagaan, peningkatan sumber daya manusia, hingga strategi menarik investor

"Dua tahun ini kita tertunda karena di dalam dokumen ITMP Senduro tidak masuk, yang masuk justru Pasrujambe," kata dia.

Kepala Bappeda tersebut meminta, agar Senduro masuk dalam dokumen ITMP Bromo-Tengger-Semeru dan sekitarnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut rombongan Konsultan World Bank diajak serta oleh Bupati Lumajang untuk melihat langsung keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Pronojiwo.

"Kita juga minta agar Pronojiwo juga dimasukkan dalam ITMP tersebut, dimana disana ada objek wisata Tumpak Sewu, dan Pronojiwo juga masuk dalam Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang dikerjakan oleh BKPM," terangnya.

Adapun kawasan yang masuk dalam spot peta potensi di area Tumpak Sewu antara lain adalah kawasan Besuk cukit, Simbar Semeru, Desa Sumber urip dan kawasan Delta dua anak sungai. ***

RELATED NEWS