Ahmad Dhani Dewa 19 Bayar Royalti Lagu Queen dan Toto di Depan Rp60 Juta, Jadi yang Termahal di Dunia

ifta - Rabu, 28 Juni 2023 09:15 WIB
Ahmad Dhani Dewa 19 Bayar Royalti Lagu Queen dan Toto di Depan Rp60 Juta, Jadi yang Termahal di Dunia

Surabaya, Halojatim.com- Pentolan band Dewa 19 Ahmad Dhani mengaku membayar royalti Rp 40 juta untuk lagu "Bohemian Rhapsody" dan Rp 20 juta untuk lagu "Rosanna".

Total dia sudah membayar Rp60 juta untuk royalti di depan. Dia juga akan membayar royalti lagi berdasarkan penjualan dari lagu tersebut ke depannya di ranah digital seperi dari Spotify, dan iTunes.

Hal ini dikatakan Ahmad Dhani saat merilis cover lagu "Bohemian Rhapsody" yang dipopulerkan oleh Queen dan "Rosanna" yang dipopulerkan oleh Toto.

Dhani berkolaborasi dengan penyanyi rock asal Amerika Serikat, Jeff Scott Soto.

Vokalis Dewa 19, Ahmad Dhani, menjelaskan alasannya memilih membawakan kedua lagu tersebut karena Queen dan Toto merupakan band yang menginspirasi baik bagi Dewa 19 maupun Ahmad Dhani sendiri.

"Karena Dewa 19, saya pribadi, penggemar daripada Queen dan Toto itu adalah salah satu band panutan kita," kata Ahmad Dhani dalam konferensi pers yang berlangsung di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa (27/6) dilansir dari laman Antara.

"'Bohemian Rhapsody' itu bayar royalti di depan Rp 40 juta, 'Rossana' bayar royalti di depan Rp 20 juta, mereka punya perwakilannya di sini," ujar Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani mengungkapkan royalti lagu "Bohemian Rhapsody" adalah royalti lagu barat termahal di dunia.

Selain pembayaran royalti di awal dengan total mencapai Rp 60 juta, Dewa 19 juga wajib membayar royalti lagu Bohemian Rhapsody dan Rosanna dari penghasilan yang mereka dapat ketika kedua lagu tersebut dirilis pada platform digital seperti Spotify dan iTunes.

"Nanti kan ada di Spotify, iTunes, dan lain-lain kalau ada penghasilan dari situ kita bayar lagi," kata Ahmad Dhani. ***

RELATED NEWS