Umat Hindu India Tersinggung dengan Adegan Ini di Film Oppenheimer

Rabu, 26 Juli 2023 08:41 WIB

Penulis:ifta

Waduh! Oppenheimer Dirumorkan Akan Dilarang Penayangannya di Jepang
Waduh! Oppenheimer Dirumorkan Akan Dilarang Penayangannya di Jepang

Halojatim.com- Sejumlah umat Hindu di India menyatakan ketersinggungannya atas adegan film Oppenheimer.

Dalam salahsatu adegan film Oppenheimer ini ada adegan ketika pemeran protagonis membacakan sebuah kutipan dari Bhagwad Gita.

Namun, kitab tersebut dibaca sebelum melakukan hubungan seksual. Padahal, oleh masyarakat India, kitab tersebut dianggap sebagai salah satu kitab suci.

Mengutip Reuters Selasa, 25 Juli 2023, adegan ini telah menarik perhatian netizen India. Bahkan, sekelompok orang yang mengaku nasionalis mengatakan hal ini sebagai serangan terhadap agama Hindu.

"Ini harus diselidik dengan segera dan mereka yang terlibat harus dihukum berat. Save Culture Save India Foundation," ujar pejabat pemerintah India,  Uday Mahurkar dalam postingannya di Twitter yang telah dibagikan sebanyak 3.600 kali.

Menyikapi isu yang beredar, unit lokal produsen film Oppenheimer, Universal Pictures India belum berkomentar.

Pendapatan Oppenheimer di India

Film genre ilmiah besutan Christopher nolan ini dibintangi oleh Cillian Murphy. Ia berperan sebagai sebagai fisikawan AS J. Robert Oppenheimer, yang mengawasi pembuatan bom atom selama Perang Dunia Kedua.

di India,  Film  ini dinilai oleh Dewan Pusat Sertifikasi Film setempat sebagai tayangan yang butuh bimbingan orang tua untuk penonton berusia di bawah 12 tahun.

Sejak ditayangkan Jumat, 21 Juli 2023, film ini berhasil meraup pendapatan US$7,33 juta atau kisaran Rp110 miliar (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS). 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 26 Jul 2023