Pemilu dan Papua Jadi Ujian Terakhir Calon Tunggal Panglima TNI

Sabtu, 11 November 2023 06:19 WIB

Penulis:ifta

WhatsApp-Image-2023-10-25-at-11.28.53.jpeg
Agus Subiyanto.

JAKARTA, Halojatim.com - Calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto harus melalui satu rintangan lagi sebelum dikukuhkan sebagai panglima di tubuh TNI tersebut.

Jenderal Agus Subiyanto harus memaparkan soal bagaimana kesiapan pemilu, termasuk juga bagaimana menghadapi keamanan di Papua.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid dalam keterangannya, Jumat 10 November 2023.  

“Kami akan periksa berkas fisik administrasi sebelum memulai fit and proper test,” ujar Meutya Hafid, dikutip dari Antara, Jumat. 

Soal uji kelayakan dan kepatutan, terdapat beberapa hal yang bakal didalami kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Komisi I DPR menyebut akan mendalami soal kesiapan menghadapi Pemilu 2024 dan persoalan di Papua.  

“Kesiapan dalam menghadapi pemilu dan prioritas utama penanganan masalah di Papua, masalah keamanan di Papua,” ujar anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi. 

Menurut Bobby, hal yang bakal ditekankan soal keamanan Papua yaitu perihal pemenuhan kebutuhan formasi keamanan dan pertahanan usai dibentuknya beberapa provinsi baru di kawasan tersebut. Pasalnya, organisasi militer pasti dibutuhkan di daerah baru hasil pemekaran tersebut. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 10 Nov 2023