Benarkan Pertalite Akan Dihapus, Ini Penjelasan Pertamina

Sabtu, 02 September 2023 06:05 WIB

Penulis:ifta

Pertamax Turun Harga - Panji 2.jpg
Petugas tengah mengganti papan harga BBM di sebuah SPBU kawasan Kebun Jeruk Jakarta Barat. PT Pertamina hari ini 3 Januari 2023 pukul 14.00 menurunkan harga Pertamax,Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Halojatim.com - Beredar kabar jika bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite akan dihapus keberadaannya. Lalu apakah benar informasi tersebut.

Ternyata kabar tersebut tidak benar adanya. Kabar penghapusan BBM jenis pertalite ini hanyalah kajian internal PT Pertamina (Persero).

PT Pertamina (Persero) masih mengkaji hal tersebut di tingkat internal. Namun tidak dijelaskan bagaimana tiba-tiba kabar tersebut menjadi viral.

Pertamina Menegaskan bahwa langkah ini baru sebatas kajian dan belum ada rencana implementasi secara langsung.

Saat ini Pertamina sedang dalam tahap penelitian untuk meningkatkan kualitas BBM Subsidi dengan RON 90 menjadi RON 92. Langkah ini bertujuan menyediakan produk yang lebih ramah lingkungan dan efisien bagi masyarakat Indonesia.

Namun, perlu ditekankan bahwa kajian ini, yang dikenal sebagai "Program Langit Biru Tahap 2," masih dalam tahap internal di Pertamina. Keputusan akhir mengenai implementasi belum diambil. Saat ini kajian tersebut masih berada dalam fase  perencanaan yang cermat. Pertamina juga belum mengambil rencana tahap implementasi, karena hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Semua langkah yang telah diambil hingga saat ini masih sebatas usulan dan belum ada rencana penerapan yang konkret. 

Proses evaluasi dan perencanaan terus berlangsung, sambil menunggu arahan lebih lanjut dari pihak terkait. 

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dilansir siaran pers pertamina, 1 September 2023 dilansir dari laman jogja.com, jaringan halojatim. ***