Tujuh Tahun BLACKPINK Membuat Blink Cemas, Ini Penyebabnya

Asih - Selasa, 08 Agustus 2023 18:37 WIB
Peringkat Member Blackpink Terkaya, Siapa Favoritmu?

JAKARTA | halojatim.com - Perpanjangan kontrak member BLACKPINK dengan YG Entertainment urung juga menemui kejelasan.

Padahal super girls group K-Pop yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa telah berusia 7 tahun tepat pada 8 Agustus 2023.

Maka, secara hukum, kontrak ekslusif keempat member Blackpink dengan YG Entertainment yang diketahui memiliki durasi 7 tahun itu telah habis, sejak pertama kali debut pada 8 Agustus 2016 silam.

Namun demikian, YG Entertainment telah sepakat untuk menunda pengumuman terkait kejelasan kontrak tersebut, lantaran keempat member BLACKPINK masih harus merampungkan tur dunia Born Pink di wilayah Amerika Utara hingga September 2023 mendatang.

BACA JUGA :

Status kontrak yang urung jelas itulah yang mengakibatkan Blink julukan penggemar BLACKPINK sedikit dirundung cemas di tengah kebahagiaan ulang tahun ke 7 girl group K-Pop favoritnya itu.

Melansir laman Billboard, Selasa Agustus 2023, selama periode 2016 hingga 2023, BLACKPINK telah merilis sekitar 40 lagu termasuk single solo dari keempat member dan kolaborasi dengan para musisi top dunia.

Meski tak terlalu banyak untuk ukuran musisi yang berkarir selama 7 tahun, namun pada setiap Blackpink mengeluarkan single, lagi tersebut langsung meledak dan memecahkan berbagai rekor di berbagai platform musik dunia.

Debut Gemilang

YG Entertainment mendebutkan girl grup Blackpink pada 8 Agustus 2016. Mereka merilis mini album "Square One," yang terdiri dari dua lagu hit yakni "Boombayah" dan "Whistle."

Tanpa butuh waktu lama, debut BLACKPINK langsung mencuri perhatian publik, lantaran kedua lagu tersebut mendapatkan popularitas yang besar di seluruh dunia. Bahkan, atas lagu tersebut Blackpink berhasil meraih penghargaan Rookie of the Year dalam beberapa acara penghargaan musik.

Sejak pertama kali dirilis pada 7 tahun lalu, kini music video Boombayah di Youtube telah mengumpulkan 1.6 miliar penonton, sekaligus menjadi lagu debut grup K-Pop paling banyak ditonton.

Penetrasi Global

Tahun 2017 Blackpink hanya merilis satu single "As If It's Your Last" pada 22 Juni 2017. Tak disangka ternyata lagu ini mampu menyita perhatian masyarak dunia dengan mencetak rekor sebagai video musik K-pop dengan jumlah view terbanyak di Youtube dalam 24 jam. Jumlah penonton waktu itu tercatat sebanyak 13.3 juta kali ditonton.

Kini video musik As It It’s Yout Last telah ditonton kurang lebih 1.3 miliar dengan jumlah suka melebihi 13 juta. Catatan yang fantastis bukan. Dapat dibilang berkat lagu ini, Blackpink makin dikenal dan mulai menjangkau pasar musik Eropa khususnya Amerika Serikat.

Terbukti tak berselang lama, BLACKPINK melakukan kolaborasi penyanyi pop terkenal, Dua Lipa, lewat lagu "Kiss and Make Up". Single ini lansvynga mendapatkan mendapat sambutan positif oleh publik musik dunia.

Kemudian, 2018 adalah tahun yang tak kalah penting bagi BLACKPINK. Pasalnya lagu "Ddu-Du Ddu-Du" yang dirilis pada 15 Juli 2018 mencapai popularitas luar biasa. Lagu yang ditulis oleh Teddy Park itu berhasil menduduki posisi teratas di berbagai tangga lagu dan bahkan masuk ke dalam Billboard Hot 100. Pencapaian itu membuat Blackpink jadi salah satu grup K-pop pertama yang berhasil menorehkan tinta emas tersebut.

Kejayaan Kill This Love

Pada tahun 2019, BLACKPINK terus mengokohkan posisinya dalam industri musik K-Pop maupun global. Lewat lagu "Kill This Love" yang dirilis 4 April 2019, langsung menduduki puncak tangga lagu di banyak negara. Bahkan, video musik tersebut mencetak rekor baru dengan jumlah view terbanyak dalam 24 jam di Youtube sebesar 56.7 penonton.

Berkat kesuksesannya itu, BLACKPINK berhasil tampil di berbagai acara internasional seperti Summer Sonic di Jepang dan penampilan spektakuler mereka di festival musik Coachella 2019 dengan membawakan 13 lagu andalannya.

Selain itu, BLACKPINK juga mengadakan tur konser dunia pertamanya dengan tajuk "Blackpink 2019 World Tour (In Your Area)”. Tercatat keempat member itu tampil di 23 negara diantaranya wilayah Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Tur dunia itu menunjukkan sejauh mana dampak dan popularitas Blackpink dalam skala internasional, sekaligus mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu grup K-pop generasi ketiga yang paling berpengaruh.

Album Studio Pertama

Pada tahun 2020, BLACKPINK merilis album studio pertamanya dengan judul "The Album." Selain dinantikan penggemar, album ini menjadi tonggak penting dalam karier keempat member dan terbukti mampu meraih sukses komersial besar dengan lagu utamanya "How You Like That."

Tercatat video musik lagu "How You Like That" mencetak rekor baru dengan jumlah view terbanyak dalam 24 jam di Youtube. Torehan ini mencerminkan tingginya minat penggemar dan publik terhadap karya keempat member Blackpink.

Sebelumnya, BLACKPINK juga mencatat prestasi melalui kolaborasi mereka dengan bintang pop internasional, Lady Gaga melalu lagu "Sour Candy,". Kolaborasi ini mendapatkan respons positif dari penggemar dan kritikus musik, lantaran tidak hanya memperkuat eksposur global Blackpink, tetapi juga menunjukkan daya tarik lintas budaya yang mereka tunjukan.

Karena masih dilanda pandemi Covid-19, BLACKPINK menggelar proyek konser virtual dengan tajuk "The Show,". Pertunjukan ini mampu menyita atensi publik lantaran memberikan penggemar pengalaman unik dalam menikmati penampilan keempat member.

Puncak Kesuksesan

Pada tahun 2021, Blackpink kembali mengukir prestasi melalui album terbaru “Born Pink”. Album yang terdiri 8 lagu yakni Pink Venom, Shut Down, Typa Girl, Yeah Yeah Yeah, Happiest Girl, Hard to Love, Tally, dan Ready For Love mampu meraih predikat Double Million Seller.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Circle Chart, album “BORN PINK” yang dirilis pada 16 September lalu berhasil terjual sebanyak 2.141.281 keping. Secara resmi album ini menjadi yang terlaris dalam sejarah platform tersebut.

Setelah itu, Blackpink juga tengah menggelar tur dunia bertajuk Born Pink yang dimulai 8 Agustus 2022 lalu yang sampai kini belum juga rampung. Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa mengunjungi kurang lebih 27 kota di seluruh dunia yang diakumulasikan mengumpukan 1,5 juta penonton.

Dengan demikian, jika hitung secara matematis asumsi harga tiket rata-rata 120.000 won atau setara (Rp.1.400.000). Pendapatan tur dunia BLACKPINK 180 miliar won atau setara (Rp2.7 triliun).

Selain itu, Blackpink juga mampu tampil di dua festival musik terbesar di dunia sebagai headliner yakni Coachella di Amerika Serikat dan di BST Hyde Park, Inggris.

Rumor terbaru untuk mengiming-imingi keempat member mau memperpanjang kontrak, YG Entertainment menawarkan uang sebesar Rp17,5 miliar ditambah pendapatan dari berbagai penjualan karya musik senilai 80 persen untuk masing-masing member.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 08 Aug 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS