China Berani Batasi Durasi Penggunaan Gadget bagi Anak-anak, Begini Aturannya

ifta - Selasa, 08 Agustus 2023 10:27 WIB
null

Halojatim.com- Untuk mengurangi tingkat kecanduan penggunaan ponsel pada anak-anak, China berani mengeluarkan peraturan pembatasan penggunaan gudget.

Nantinya durasi atau waktu lama menggunakan ponsel untuk jaringan internet dibatasi sesuai dengan umur.

Mode berdasarkan umur di internet akan digunakan sebagai filter pembatasan tersebut.

6 Lokasi Konser Musik Paling Eksotis di Indonesia, Candi Prambanan hingga Tebing

Cyberspace Administration of China (CAC) ajukan pembatasan penggunaan ponsel untuk anak-anak. CAC pada Rabu, 3 Agustus 2023 menerbitkan rancangan pedoman di situsnya, yang menyatakan anak di bawah umur tidak akan diizinkan mengakses sebagian besar layanan internet di ponsel dari pukul 22.00 hingga 06.00.

CAC juga mengatur durasi penggunaan internet. Anak-anak berusia antara 16 hingga 18 tahun hanya boleh bisa mengakses internet selama dua jam sehari. Anak-anak berusia antara 8 hingga 15 tahun hanya diperbolehkan satu jam sehari, sedangkan mereka yang berusia di bawah 8 tahun hanya diperbolehkan 40 menit dalam sehari.

Pembatasan tersebut adalah usaha terbaru dari Beijing untuk mengurangi kecanduan internet, yang dianggap sebagai masalah yang menyebar luas di kalangan anak muda. Pada tahun 2019, pemerintah China membatasi waktu bermain game online harian anak-anak menjadi 90 menit per hari, dan kemudian pada tahun 2021, pembatasan tersebut diperketat lagi, menjadi hanya selama satu jam per hari pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Atas respon dari kebijakan tersebut, platform video pendek dan video online seperti Douyin, Bilibili, dan Kuaishou telah menghadirkan fitur khusus untuk remaja yang membatasi tipe konten yang dapat dilihat oleh pengguna di bawah umur dan durasi penggunaan layanan mereka. Selain itu, platform-platform tersebut mendorong anak-anak untuk mengakses konten pendidikan, seperti eksperimen sains.

CAC menyebutkan selalu mendorong pengembangan mode remaja di platform internet. “Sejak mode diluncurkan, ada dampak positif dalam mengurangi kecanduan internet remaja dan dampak informasi yang tidak diinginkan,” tambah CAC.

CAC menyebutkan draf pedoman terbuka untuk umpan balik publik hingga 2 September. Namun pihaknya tidak menyebutkan kapan aturan baru tersebut akan berlaku. (*)

Tulisan ini telah tayang di sijori.id oleh Pratiwi pada 07 Aug 2023

RELATED NEWS