Tak Main-main Kementerian PUPR Gelontorkan Rp1,9 Triliun untuk Stadion Ini

ifta - Jumat, 11 Agustus 2023 08:10 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

undefined

Halojatim.com- Sebanyak 22 stadion di Indonesia akan digelontor angka fantastis menyentuh Rp1,9 triliun.

Alokasi dana ini untuk renovasi puluhan stadion di Indonesia yang selama ini digunakan sebagai homebase peserta klub-klub di Indonesia.

Gelontoran dana jumbo ini akan dialokasikan pada tahun anggaran 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dana ini dialokasikan untuk tahun anggaran 2024. Hal ini diakui Basuki telah dibicarakan oleh Menteri Keuangan serta telah masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

"Baru sidang kabinet paripurna untuk RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2024, di sana disebutkan oleh Menteri Keuangan untuk renovasi stadion," kata Basuki," katanya dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Basuki memberi catatan untuk anggaran Rp1,9 triliun ini, tidak termasuk ke dalam empat stadion yang telah disepakati Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan FIFA untuk venue Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Namun hanya, untuk renovasi stadion-stadion lain, seperti Stadion Mandala Krida Jogjakarta, Stadion Jatidiri Semarang, dan sejumlah stadion lain di beberapa wilayah.

Sedangkan untuk renovasi empat stadion venue Piala Dunia U-17, Basuki memperkirakan anggaran yang dibutuhkan tidak melebihi Rp100 miliar. Adapun keempat stadion tersebut, yakni Jakarta International Stadium, Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo (GBT) Subaraya.

Dari keempat stadion hanya tersisa JIS yang masih membutuhkan beberapa pekerjaan lebih lanjut. Mulai dari pitch stitching atau penjahitan rumput hingga pembangunan akses jalan menuju stadion. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 10 Aug 2023

RELATED NEWS