Sosok Pimpinan KPK Nawawi Pomolango di Mata Mahfud MD: 'Dia Bersih dan Polos'

ifta - Selasa, 28 November 2023 12:00 WIB
Pimpinan KPK Nawawi Pomolango

JAKARTA, Halojatim.com - Sosok Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2024 dianggap sudah tepat.

Banyak dukungan mengalir kepada sosok mantan hakim tersebut.

Sederet optimisme dan harapan dari berbagai kalangan muncul terkait masa depan lembaga antirasuah tersebut di bawah pimpinan Nawawi Pomolango.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni meyakini bahwa lembaga antirasuah itu bakal tancap gas dalam menyelesaikan kasus korupsi di Indonesia.

Dirinya menyatakan hal itu karena latar belakang Nawawi yang seorang hakim sehingga tidak diragukan lagi profesionalitas, integritas, ketegasan, dan kearifannya.

Sahroni juga meyakini lembaga antirasuah akan lebih rapi dan terstruktur di bawah kendali Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara.

Senada dengan Sahroni, anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid berharap KPK dapat mengembalikan kepercayaan publik dengan dipimpin oleh sosok Nawawi.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) Mahfud MD memberikan tanggapan dengan dilantiknya Nawawi sebagai Ketua Sementara KPK.

Mahfud menyatakan sosok Nawawi adalah orang yang bersih dan polos.

Dirinya berharap Nawawi dapat berani dalam menangani berbagai perkara di lingkup KPK.

Dukungan terhadap Nawawi juga berasal dari internal KPK itu sendiri. Pimpinan KPK Nurul Ghufron menyatakan bahwa mendukung penuh Nawawi sebagai Ketua Sementara KPK.

Dirinya menilai bahwa sosok Nawawi merupakan yang paling senior sehingga diharapkan dapat lebih bijaksana.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyatakan bahwa Nawawi diharapkan dapat membawa lembaga antirasuah menjadi lebih baik dalam menangani perkara usai kasus yang menyeret mantan ketua KPK Firli Bahuri.

Wapres mengatakan agar meningkatkan dan menjaga marwah dari lembaga antirasuah itu. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 28 Nov 2023

Bagikan

RELATED NEWS