SETELAH LEBARAN, PENERBANGAN DARI BANDARA DHOHO DUA KALI DALAM SEPEKAN

Andri - Sabtu, 06 April 2024 16:30 WIB
Water salute menyambut pendaratan pertama di Bandara Dhoho Kediri

KEDIRI I halojatim.com – Penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho Kediri dimulai. Sebanyak 178 penumpang pesawat komersil milik Citilink dengan kode penerbangan QG 752 yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta melakukan pendaratan perdana di Bandara Dhoho Jumat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, pesawat tersebut sudah mendarat dengan baik dan segera kembali ke Jakarta. Untuk saat ini memang masih penerbangan perdana, namun setelah Lebaran 2024 akan dibuka dua kali penerbangan setiap hari Selasa dan Sabtu.


"Nanti setelah Lebaran akan dibuka setiap Selasa dan Sabtu. Tentu harapannya bisa reguler setiap hari dan maskapai lainnya jangan menyesal kalau tidak buka rute di Kediri," katanya.

Pihaknya juga berharap dengan sudah resminya beroperasi bandara ini bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonom di Kabupaten Kediri serta kota-kota di sekitarnya. Untuk moda transportasi darat di bandara tersebut,kata Hanindhito, saat ini sudah ada bus dari PO Harapan Jaya dan Damri. Selain itu, masih ada beberapa pihak yang ingin masuk ikut beroperasi bandara ini.


Hanindhito mengatakan, pihaknya juga terus mengembangkan infrastruktur guna mendukung perkembangan ekonomi di sekitar bandara, yakni dengan penyelesaian jembatan penghubung. Selain itu, dalam waktu dekat juga segera dibangun jalan tol oleh perusahaan, serta perbaikan jalan nontol.


Pembangunan jalan tol Kediri - Tulungagung itu yang memiliki total panjang 44,17 kilometer dibangun oleh PT. Gudang Garam Tbk melalui PT. Surya Sapta Agung Tol. Pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha (unsoliciated).


Sementara itu, tradisi water salute menyambut pendaratan pertama di Bandara Dhoho Kediri ini. Water salute merupakan tradisi penyambutan pesawat yang mendarat untuk pertama kalinya di sebuah bandara baru, atau penghormatan untuk mereka yang hendak melakukan penerbangan terakhir.


Selain water salute, kedatangan penumpang pertama ini disambut diberi kalungan bunga oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi bersama sejumlah pihak-pihak terkait. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS