Sekolah Negeri Dilarang Tahan Ijazah Siswa yang Nunggak Bayar, Bagaimana dengan Swasta?

ifta - Jumat, 28 Juli 2023 06:36 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

JAKARTA, Halojatim.com - Sekolah-sekolah yang biasa menahan ijazah siswa lantaran menunggak pembayaran diminta untuk tidak melakukan hal serupa tahun ini.

Biasanya sekolah menahan ijazah siswa yang bersangkutan jika belum melunasi semua kewajiban pembayaran di sekolah.

Kali ini jika ada sekolah negeri yang menahan ijazah siswa maka akan segara berurusan dengan pemerintah daerah, khususnya jika terjadi di Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) IPeKB di Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Sanja, Slawi, Kabupaten Tegal.

Menurutnya, sangat tidak etis jika istilah tunggakan pembayaran terjadi pada sekolah negeri.

“Yang biasanya punya problem (menahan ijazah), suruh kirim ke kita, dan nanti kalau ada kita urus. Apakah itu negeri atau swasta,” tegas Ganjar dalam keterangan resmi Pemprov Jateng dikutip TrenAsia.com, Kamis, 27 Juli 2023.

Pria berusia 54 tahun itu juga mengatakan bahwa sekolah negeri dipastikan tidak ada yang melakukan penahanan ijazah siswa yang telah dinyatakan lulus. Jika masih ada, ia meminta untuk secepatnya diurus dan dua hari harus beres.

“Kalau sekolah negeri saya pastikan beres besok pagi,” lanjutnya.

Politikus berambut putih itu berpendapat bahwa sejatinya tidak elok jika ada istilah tunggakan pembayaran pada sekolah negeri. Pasalnya, sekolah tersebut notabene dikelola oleh pemerintah.

“Kalau di negeri kita pastikan kalau tertahan, besok pagi keluar. Kalau ada alasan tunggakan, maka kita selesaikan karena di negeri tunggakan tidak berlaku,” terang Ganjar.

Ganjar juga akan mengupayakan hal tersebut di sekolah swasta. Namun demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dan negosiasi jika ada tunggakan pembayaran siswa terkait penahanan ijazah.

“Kalau swasta, kita mesti negosiasi sama sekolahannya dulu. Kalau di swasta harus bicara dengan sekolah dan yayasan,” imbuhnya. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 27 Jul 2023

Editor: ifta

RELATED NEWS