SDN Plumbungan Angkat Cerita Lokal untuk Lomba Nasional

Andri - Senin, 01 Juli 2024 14:45 WIB
Kepala Sekolah SDN Plumbungan Anita Hidayati.

SIDOARJO I halojatim.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Plumbungan terlihat tak begitu luas. Malah bangunan yang ada di samping Kantor Kepala Desa Plumbungan itu banyak yang kurang tahu.

Padahal, di depan sekolahan yang masuk wilayah Kecamatan Sukodono itu tak jauh dari jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Namun, jangan ditanya soal prestasi. SDN Plumbungan termasuk sekolah dengan prestasi yang mengharumkan daerah. Bukan hanya untuk Kabupaten Sidoarjo tapi juga Jawa Timur.

"Pada 2023, SDN Plumbungan masuk 10 besar Lomba Cerita Panji Tingkat Nasional. Tidak ada juara di lomba itu, hanya diambil 10 besar dari 20 peserta yang lolos tingkat nasional," ungkap Kepala Sekolah SDN Plumbungan Anita Hidayati.

Tahun lalu, lomba dilaksanakan di Kampus Universitas Brawijaya Malang. Cerita yang diangkat oleh SD Plumbungan bertajuk " Enthit Sang Pembaca Alam.

"Tahun ini, kamu juga sudah mempersiapkan diri untuk kompetisi serupa...Ceritanya yang berhubungan dengan Desa Plumbungan," ujar Anita.

Dia berharap SD yang mempunyai dua rombongan belajar di setiap angkatan itu bisa seperti tahun lalu. Apalagi, sejak Maret, siswa-siswa SDN Plumbungan sudah mempersiapkan diri.

"Memang ada kendala dalam alat musik pendukung, Tapi itu bukan alasan untuk tidak berprestasi," papar Anita.

Di sekolahan yang dipimpinnya, siswa yang ikut lomba Cerita Panji adalah yang aktif di ekstrakurikuler teater. Selain ada ekstra teater, di SDN Plumbungan juga ada beberapa kegiatan ekstra yang bertujuan membuat siswa juga pintar di luar bidang akademik. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS