Program Merdeka Heppiii Jatim Libatkan Ribuan Warga Desa dan Tampilkan Beragam Karya Secara Massal

ifta - Senin, 12 September 2022 18:03 WIB
Salahsatu kegiatan Merdeka Heppiii yang digelar serentak di wilayah Jawa Timur.

Surabaya, Halojatim.com- Program Merdeka Heppiii yang digelar oleh Hepppiii Community Jawa Timur (Jatim) yang dimulai sejak pertengahan Agustus berakhir pada 3 September pekan lalu.

Sebanyak 125 desa mengikuti program ini dengan menampilkan berbagai kegiatan unik yang melibatkan ribuan warga setempat.

Program Merdeka Heppiii merupakan bagian dari upaya ratusan desa yang tergabung dalam Heppiii Community di Jatim untuk menampilkan berbagai potensi ekonomi dan kreatifitas warga desanya.

Kegiatan ini juga untuk meramaikan peringatan kemerdekaan RI.

Pembina Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengapresiasi apa yang dilakukan oleh ribuan warga dari 125 desa tersebut.

Kata dia, berbagai keseruan tersaji dalam program Merdeka Heppiii.

"Merdeka Heppiii juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan di antara warga desa yang tergabung dalam Heppiii Community. Selain potensi desa yang bisa dimunculkan, momentum ini juga menjadikan masyarakat makin guyub dan tambah rukun serta menumbuhkan semangat nasionalisme," kata Ronald Theo Lesmana, Senin (13/9/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh karang taruna (Karta) desa Heppiii Community ini acaranya sangat beragam dan digelar secara massal. Seperti pagelaran wayang kulit, festival reog Jember, pagelaran budaya di Situbondo, bazar UMKM di Jombang dan Probolinggo serta hiburan musik rakyat.

"Beberapa karta menggelar bakti sosial dengan khitan massal yang melibatkan ratusan orang di Sidoarjo. Ada juga undian jalan sehat, lomba senam ibu-ibu, kemudian panggung hiburan di Bojonegoro," ungkapnya.

Karta lainnya juga terus menghidupkan kesenian tradisional seperti menampilkan musik angklung di acara kemerdekaan, kemudian lomba gobak sodor di Probolinggo.

Di Madiun digelar karnaval yang diikuti ratusan warga desa berhadiah kambing.

"Di berbagai daerah juga banyak digelar baksos dengan memberikan sembako kepada warga sekitar. Kemudian sejumlah daerah menggelar pengajian umum sebagai penutup Merdeka Heppiii," jelas Ronald.

Ronald berharap kegiatan Merdeka Heppiii dapat terus digelar dan menjadi sarana bagi warga desa untuk menunjukkan potensinya.

Di era komunikasi yang semakin terbuka, masyarakat desa punya kesempatan yang sama untuk mengoptimalkan kemampuannya, sehingga desa-desa Heppiii Community semakin maju dan warganya semakin sejahtera (*)

RELATED NEWS