Reog Heppiii Community Ponorogo Ramaikan Grebek Suro Sebulan Penuh

ifta - Senin, 12 September 2022 12:26 WIB
Para seniman Reog Ponorogo, saat acara gerebek suro yang rangkaiannya selama sebulan penuh ini.

Ponorogo, Haloatim.com- Paguyuban seniman reog di Ponorogo yang tergabung dalam Heppiii Community menuntaskan rangkaian acara Grebek Suro yang berlangsung sejak bulan Juli hingga akhir Agustus 2022.

Acara ini menjadi salah satu pagelaran seni dan pesta rakyat terbesar di Ponorogo yang dihadiri ribuan seniman dari berbagai daerah di Indonesia.

Pamungkas Setyo Wibowo dari perwakilan Heppiii Community Ponorogo yang menjadi wadah bagi sejumlah seniman reog mengatakan, sebelum Grebek Suro dilaksanakan, para seniman di setiap kelurahan dan kecamatan sudah terlebih dahulu menggelar acara pembuka.

Seperti bulan Juni lalu para seniman yang berada di wilayah kecamatan Ponorogo Kota menggelar pagelaran di lapangan Kodim Ponorogo dengan tema Ruwatan Reog.

Acara Ruwatan Reog ini juga menghadirkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka. Acara ini adalah lanjutan dari bulan sebelumnya seperti pertemuan para seniman reog sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

"Hampir setiap desa di Ponorogo ada puluhan sesepuh seniman-seniman reog, kami mewadahi mereka, seperti memfasilitasi pertemuan dan kegiatan yang pada intinya untuk nyengkuyung atau terus menghidupkan reog ini," kata Bowo, Senin (12/9).

Seni reog di Ponorogo sudah mendarah daging, hampir setiap ada kegiatan para seniman ini selalu tampil untuk mengisi acara sekaligus menghibur warga. Setiap kegiatan yang diadakan ini juga selalu mendapatkan dukungan penuh dari warga dan pemerintah desa setempat hingga ke tingkat kabupaten.

"Akhirnya dari rangkaian acara ini puncaknya adalah Grebek Suro, ada sekitar 50 acara seperti festival reog mini, festival reog nasional, larung sesaji di Telaga Ngebel, Ponorogo kreatif festival, bedol pusaka, lalu Kirap Pusaka. Nah seniman-seniman kami yang tergabung di Heppiii Community Ponorogo ada di bagian acara-acara ini," terangnya.

Heppiii Community juga membuka stan-stan di acara tersebut yang juga dijadikan tempat berkumpulnya para seniman reog dari berbagai daerah di Ponorogo.

Koordinator Heppiii Community Ponorogo Andri Kristiawan berterima kasih kepada seniman yang tergabung dalam komunitasnya karena tetap konsisten menghidupkan reog.

Pihaknya selalu mensupport kegiatan para seniman terlebih reog adalah seni tradisional yang dimiliki Ponorogo dan sudah mendunia.

"Antusiasme masyarakat di acara Grebek Suro kemarin sangat tinggi sekali, ekonomi juga mulai tumbuh karena ada efek dominonya, banyak stan UMKM dibuka di sana, apalagi setelah dua tahun pandemi.

Kegiatan ini juga jadi momen kebangkitan para seniman reog di Ponorogo, regenarasi seniman juga terus berjalan dengan baik. Mudah-mudahan seni reog terus lestari dan makin dikenal dunia," ungkapnya. (*)

RELATED NEWS