Pesawat Airbus 330 Indonesia Kirim Bantuan 26,5 Ton ke Palestina, Susul Hercules TNI

ifta - Senin, 06 November 2023 08:45 WIB
Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Sumarjaya saat memberikan keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta menjelang pemberangkatan bantuan untuk Palestina, Minggu 5 November 2023 (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

JAKARTA, Halojatim.com- Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan ke Palestina dengan menggunakan Pesawat Airbus 330 pada Minggu 5 November 2023.

Bantuan ini menyusul setelah sebelumnya dua unit Hercules dari TNI AU ke Palestina mengirimkan bantuan yang sama.

Bantuan ini dikirim oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) beserta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Total batuan yang dikirim adalah 26,5 ton bantuan.

Bantuan yang merupakan lanjutan tahap pertama itu diberangkatkan melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Pengiriman bantuan tersebut menyusul dua unit Hercules dari TNI AU yang telah lebih dahulu berangkat pada Sabtu, 4 November 2023.

Rute yang ditempuh sama dari Indonesia menuju Mesir dan lanjut ke Gaza.

Jadwal pengiriman yang berbeda ini disesuaikan supaya ketiga pesawat dapat datang bersamaan di Bandara Al Arish, Mesir pada Senin 6 November 2023.

“Karena Hercules membutuhkan waktu dua hari, dengan lima kali transit. Sedangkan Airbus 330 langsung berangkat perjalanan 11 jam tiba,” ujar Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti dalam keterangannya, Minggu.

Pesawat ketiga yang memuat bantuan menuju Palestina ini berisikan berbagai barang seperti alat kesehatan, tenda, selimut hingga jaket dan obat-obatan dasar. Krishna Murti memaparkan dalam bantuan itu terdapat 100 tenda peleton berkapasitas 5.000 orang dan selimut sejumlah 1.000 untuk musim dingin.

Sementara itu Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Sumarjaya menyebut bantuan yang dikirim meliputi makanan, obat-obatan dasar seperti obat diare dan ISPA, perlengkapan sanitasi air, alat penyulingan air bersih, dan alat bedah minor. Sumarjaya mengatakan bahwa terdapat total 7 ton alat medis yang diangkut dalam pesawat tersebut.

“Kami juga membantu makanan bagi balita dan ibu hamil. Selain itu juga hygne kit untuk balita dan ibu hamil,” ujar Sumarjaya dalam keterangannya. Dirinya menyebut bahwa alat-alat medis untuk rumah sakit akan dikirimkan pada kloter kedua. Seluruh bantuan yang dikirim dengan Pesawat Airbus 330 ini merupakan hasil koordinasi Polri dengan Kemenkes.

Dalam pengiriman menggunakan pesawat charter (sewa) itu, terdapat beberapa petinggi Polri yang turut mengantar. Mereka diantaranya yaitu Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti, Kepala Biro Misi Hubungan Internasional DivHubinter Polri, Brigjen Pol. Yahya Ahmudiarto dan lainnya.

Susul Dua Hercules

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melepas keberangkatan dua Pesawat Hercules yang membawa bantuan kloter pertama menuju Palestina dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu, 4 November 2023. “Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ucap Presiden Jokowi.

Kloter pertama itu terdiri dari dua unit Hercules dan satu unit Pesawat A330. Bantuan itu berisikan barang-barang yang telah disesuaikan dengan permintaan warga Palestina. Presiden menyebut bahwa bantuan itu merupakan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha. Adanya bantuan itu sebagai wujud solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan di Palestina. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 06 Nov 2023

Editor: ifta
Bagikan

RELATED NEWS