Mau Centang Biru? Ini Syarat dan Harganya

Asih - Selasa, 25 Juli 2023 17:37 WIB
Ingin Punya Centang Biru di Akun Instagram atau Meta? Simak Harga dan Syaratnya di Sini (about.fb.com)

JAKARTA | halojatim.com - Meta Verified adalah suatu layanan berlangganan yang memudahkan siapa saja untuk mendapatkan akses ke lencana centang biru yang sebelumnya tampak sulit diperoleh di platform milik Meta, seperti Instagram dan Facebook.

Dengan adanya Meta Verified ini, akan membantu komunitas mengetahui atau mengidentifikasi akun Anda yang sebenarnya dengan lencana terverifikasi. Verifikasi dapat dilakukan dengan ID atau identitas yang Anda miliki dari pemerintah dan jika tersedia Anda perlu menyediakan video selfie untuk memastikan keaslian akun Anda dengan aman.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Meta, ada beberapa fitur eksklusif dari fitur Verified dari Meta ini. Beberapa di antaranya yaitu stiker eksklusif di Stories dan Reels yang ada di Facebook dan Instagram. Selain itu, jika tersedia akan terdapat 100 Stars per bulan di Facebook yang dapat digunakan untuk memberikan dukungan kepada content creator lainnya.

BACA JUGA :

Meta Verified atau fitur centang biru ini diklaim mampu melindungi akun Anda dari peniruan identitas dengan pemantauan akun proaktif. Selain itu, akun Anda juga aman dengan autentikasi dua faktor.

Harga Centang Biru di Meta Verified

Langganan Meta Verified dikenai harga US$14,99 per bulan atau sekitar Rp224.917 saat Anda mendaftar di iOS dan Android. Selain itu, Anda juga bisa membayar biaya sebesar US$11,99 per bulan atau sekitar Rp179.903 dengan mendaftar melalui website. Meski begitu, opsi web hanya tersedia untuk Facebook.

Saat ini Meta Verified hanya tersedia untuk akun individu, bukan untuk brand atau merek. Sebaliknya, lencana terverifikasi asli atau original di Instagram dan masih tersedia khusus untuk public figure, selebriti, dan merek. Jenis akun ini masih dapat mengajukan gaya verifikasi asli atau original jika pemilik akun tersebut memang terkenal, misalnya pernah muncul di berita.

Lencana Meta Verified dan lencana yang terverifikasi untuk akun terkenal akan terlihat sama. Pengguna tampaknya tetap mendapatkan tanda centang biru yang familiar, di mana kedua jenis verifikasi tersebut menandakan bahwa akun tersebut telah mengalami proses verifikasi.

Apa Beda Meta Verified Original dengan Berbayar?

Tentu Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara pemilik akun Meta verified original atau asli dengan yang berbayar. Ternyata, lencana verifikasi original (yang gratis) tidak menyertakan manfaat tambahan yang disertakan seperti yang dimiliki oleh Meta Verified berbayar.

Persyaratan Kelayakan Meta Verified di Facebook

Saat ini hanya profil individu yang memenuhi syarat untuk memperoleh Meta Verified. Profil bisnis atau merek masih tidak bisa memenuhi syarat untuk langganan Meta Verified.

Agar memenuhi syarat Meta Verified, Anda harus memiliki persyaratan berikut ini:

  1. Berusia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki profil publik atau pribadi yang terkait dengan nama lengkap Anda, sesuai dengan standar penamaan, dan memiliki foto profil yang menampilkan wajah Anda.
  3. Mengaktifkan autentikasi dua faktor, yang bisa diselesaikan setelah pembayaran.
  4. Memenuhi persyaratan aktivitas minimal, seperti riwayat postingan sebelumnya.
  5. Memiliki Tanda Pengenal terbitan pemerintah yang cocok dengan nama di profil dan foto profil Anda.
  6. Memenuhi Ketentuan Layanan dan Standar Komunitas Meta.

Saat ini, langganan Meta Verified hanya mendukung nama asli di profil Anda. Setelah profil Anda diverifikasi, Anda tidak bisa mengubah nama pengguna, nama profil, tanggal lahir, atau foto di profil Anda tanpa melalui proses verifikasi dari Meta Verified lagi.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mendapatkan centang biru di akun Meta seperti Instagram atau Facebook serta syarat untuk mendapatkannya. Tertarik untuk mencoba?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 25 Jul 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS