Kondusif, FK Unair Mulai Lantik Dokter secara Langsung

Asih - Kamis, 04 November 2021 08:18 WIB
Dekan FK Unair Prof Budi Santoso menyerahkan ijazah kepada salah satu dokter yang sudah dilantik, Rabu (3/11/2021).

SURABAYA | halojatim.com - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) akhirnya menggelar pelantikan dokter secara offline atau langsung, Rabu (3/11/2021). Pelantikan ini dilakukan karena melihat kondisi Covid-19 yang sudah mulai menurun dan kondusif.

Selain itu, karena pelantikan dokter periode IV/2021 itu hanya diikuti 20 orang sehingga sangat memungkinkan digelar offline di Aula FK Unair dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. Pelantikan secara offline ini sangat ditunggu. Karena, momen sakral itu berbeda rasanya jika dilakukan secara langsung.

Rasa syukur ini salah satunya diutarakan oleh Fernanda Irfatul Laily, “Kami sangat senang, karena untuk masuk ke sini (FK Unair,Red) juga sulit, penuh perjuangan. Dengan disumpah secara offline ini seperti terbayarkan,” terangnya.

Baca Juga :

https://halojatim.com/read/mahasiswa-ppds-fk-unair-jadi-putri-pendidikan-2021

https://halojatim.com/read/fk-unair-datangkan-ahli-bedah-epilepsi-dari-india

Setelah lulus, dokter yang pernah menyandang gelar Yuk Mojokerto ini ini berencana mengambil intership di Mojokerto, tempat lahirnya. Mental dan pengetahuan menjadi dua hal yang dia persiapkan, mengingat ia juga termasuk lulusan yang proses pembelajarannya terdampak pandemi Covid-19.

“Tentu saja intensitas bertemu pasien jauh lebih sedikit dibandingkan dengan saat sebelum pandemi. Namun saya selalu berusaha agar ilmu yang saya dapatkan tetap maksimal. Mulai belajar dari video dan praktik sendiri,” terang dokter Kelahiran Tahun 1996 ini.

Dekan FK Unair, Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG(K) mengatakan, pelantikan dokter yang digelar penuh secara _offline_ ini mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali. Pertimbangan lain adalah jumlah lulusan dokter di Periode IV yang tidak banyak.

“Ke depan kami akan terus mempertimbangkan kondisi pandemi ya. Jika pandemi ini jadi endemi, insyaallah akan kami lakukan secara offline terus karena memang kalau kita mengatakan, chemistry-nya itu lain, antara disumpah secara offline dan online. Saya sendiri menilai bahwa penyumpahan ini merupakan saat-saat yang penting, saat-saat seorang dilantik menjadi dokter ya sebisanya offline," jelas Prof Budi.

Prof Budi menambahkan, FK Unair saat ini juga sudah mulai membuka ujian S1, S2 dan S3 secara offline. Dimulai dengan Ujian Doktor Terbuka yang digelar offline pada 28 Oktober lalu.

Editor: Asih

RELATED NEWS