Jika Anda Menerapkan Pola Keuangan Seperti Ini, Anda adalah Orang Kaya

ifta - Senin, 14 Agustus 2023 06:08 WIB
Menjadi seorang yang kaya raya adalah impian banyak orang, akan tetapi ternyata tidak semua orang bisa mengetahui bahwa dirinya sendiri adalah orang yang kaya.

Halojatim.com- Penerapan pola keuangan atau mengelola keuangan akan mempengaruhi seberapa kaya Anda.

Bukan hanya soal seberapa banyak uang Anda, namun seberapa efektif dalam mengelolanya.

Semakin efektif dalam mengelola, maka semakin besar peluang untuk disebut kaya.

Mungkin istilah kaya bisa sama subjektifnya dengan bahagia, yaitu berbeda untuk setiap orang.

Akan tetapi, ada beberapa indikasi kekayaan yang lebih universal, tidak peduli bagaimana Anda melihatnya. Berikut penjelasannya

Berikut beberapa tanda-tanda bahwa sebenarnya Anda adalah orang kaya.

1. Anda Mampu Menghemat Uang

Menurut Robert Kiyosaki dalam bukunya, Rich Dad Poor Dad, ia menyebutkan bahwa kebanyakan seseorang tidak menyadari bahwa dalam hidup yang terpenting bukanlah berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tapi berapa banyak uang yang Anda simpan.

Pada akhirnya, uang tidak menyelesaikan masalah keuangan, pada kenyataannya uang justru sering memperburuknya. Anda tentu sudah tidak jarang lagi mendengar kisah seseorang yang tiba-tiba mendapat rezeki nomplok justru dengan cepat kembali ke kondisi keuangan yang tidak stabil. Oleh karena itu, jika Anda dapat mempertahankan sebagian dari uang yang Anda hasilkan, itu artinya keuangan Anda dalam kondisi yang baik.

2. Mampu Hidup dengan Nyaman di Bawah Kemampuan Anda

Hidup di bawah kemampuan Anda adalah salah satu prinsip utama pengelolaan uang yang bertanggung jawab. Itu artinya Anda membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda peroleh berapapun jumlahnya.

3. Anda Mampu Membayar yang Anda Inginkan

Jika Anda bisa keluar dan membeli kapal pesiar secara tunai hari ini, kebanyakan orang akan menganggap bahwa Anda adalah orang kaya. Akan tetapi, jika Anda bisa keluar dan membeli kapal pesiar yang sama lima tahun dari sekarang setelah menetapkan tujuan tabungan dan menyisihkan uang secara bulanan atau tahunan, itu artinya Anda masih kaya.

4. Anda Mampu Pensiun Sesuai dengan Rencana

Pensiun adalah hal yang mahal. Para ahli mengatakan bahwa untuk bisa hidup nyaman saat pensiun, Anda perlu menggunakan sekitar 70%-80% dari penghasilan Anda saat ini. Bahkan, jika Anda telah berhemat dan berpindah ke daerah dengan biaya hidup rendah, pensiun adalah periode yang lama untuk menghidupi diri sendiri dengan sedikit atau tanpa penghasilan. Oleh karena itu, jika Anda mampu pensiun kapanpun Anda mau, itu adalah kemewahan.

5. Anda Tidak Hanya Termotivasi Karena Uang

Orang kaya cenderung fokus pada sesuatu selain uang. Orang yang betul-betul kaya biasanya fokus dalam memecahkan masalah, mengikuti hasrat atau berjuang untuk membangun bisnis mereka sebanyak mungkin.

Akan tetapi, hal itu bukan berarti Anda tidak bisa bahagia mendapatkan gaji yang besar. Akan tetapi, uang bukanlah motivasi utama atau sumber kebahagiaan Anda.

6. Anda Tidak Terjebak dalam Uang

Jika Anda mampu belajar mengendalikan keuangan Anda, Anda tidak akan menemukan diri Anda terjebak dalam pekerjaan, tempat, atau hubungan yang Anda benci hanya karena Anda tidak mampu pergi dari lingkungan saat ini. Oleh karena itu, uang berarti kebebasan, dan berada pada kondisi finansial yang baik akan membuka banyak kesempatan.

7. Anda Tidak Takut Terhadap Uang

Kebanyakan orang memiliki hubungan disfungsional dan bermusuhan terhadap uang. Kita diajari bahwa uang itu langka, sulit didapat, dan sulit untuk dipertahankan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mulai menarik banyak uang, berhentilah melihatnya sebagai musuh dan anggaplah itu sebagai salah satu sekutu terbesar Anda dalam meraih kesuksesan.***

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 13 Aug 2023

RELATED NEWS