Jika Ada Tanda-tanda Ini, Maka Hacker Telah Mencuri Informasi Pribadi Anda

ifta - Senin, 14 Agustus 2023 06:00 WIB
5 Tanda Hacker Telah Mencuri Informasi Pribadi Anda, Waspada! (Freepik.com/cookie_studio)

Halojatim.com- Informasi pribadi seperti nomer induk kependudukan, tanggal lahir, nama orangtua, nomer rekening dan data lainnya kini rentan disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Data ini bahkan sudah banyak diperjualbelikan di forum-forum gelap para hacker.

Dari data ini tidak jarang digunakan untuk membobol rekening Anda dan tindakan lainnya yang merugikan si pemilik data tersebut.

Karena itu penting untuk menjaga dan sekaligus mengenali tanda-tanda saat scammer atau hacker melancarkan serangan mereka dan mengetahui ciri-ciri apakah informasi Anda telah dicuri.

Ciri-ciri Informasi Pribadi Anda Telah Dicuri

Ciri-ciri informasi pribadi Anda telah dicuri

Berikut beberapa pertanda yang tidak boleh Anda sepelekan karena bisa jadi informasi Anda telah dicuri dan dimanfaatkan untuk tindakan berbahaya.

1. Muncul Aktivitas yang Tidak Valid di Akun Anda

Penipuan finansial adalah salah satu bentuk pencurian identitas yang paling umum. Hacker dapat mencuri detail kartu kredit Anda dari jarak jauh dan menarik uang dari rekening bank Anda. Akan tetapi untungnya bank dan lembaga keuangan lainnya dapat memberi tahu Anda jika ada aktivitas yang mencurigakan di akun Anda.

2. Gangguan Pemberitahuan dari Rekening Bank

Hacker atau penjahat tahu bahwa peringatan yang Anda terima dari penyedia layanan keuangan dapat membongkar penyamaran. Oleh karena itu, mereka akan menghentikan datangnya peringatan tersebut.

Jika Anda memulai transaksi di rekening bank dan Anda tidak menerima notifikasi apapun di perangkat yang terhubung maka Anda harus segera waspada. Hal itu mungkin lebih dari sekadar kesalahan jaringan.

3. Login Akun Tidak Dikenal

Penyedia layanan biasanya akan memberi tahu pengguna jika ada login tidak dikenal di akun mereka dengan mengirimkan pesan berbahaya ke perangkat yang terhubung. Jika Anda menerima pesan tentang login yang tidak Anda lakukan, itu berarti ada orang lain yang mendapatkan akses tidak sah. Hacker bisa jadi telah mengambil informasi tentang Anda dan mengakses akun Anda.

4. Muncul Pesan Otentikasi yang Tidak Sah

Anda tidak akan menerima pemberitahuan autentikasi kecuali Anda mencoba masuk ke akun yang Anda aktifkan. Jika Anda menerima konfirmasi untuk memberikan verifikasi identitas Anda melalui cara yang telah dipilih sebelumnya, Anda harus mengetahui bahwa seseorang mencoba masuk ke akun Anda.

5. Anda Tidak Bisa Masuk ke Akun Anda

Apakah Anda pernah tidak bisa masuk ke akun Anda bahkan setelah mengonfirmasi bahwa Anda memasukkan password yang benar? Hal ini tentu sangat berbahaya.

Hal ini dapat menjadi lebih buruk karena upaya Anda mengatur ulang password gagal karena Anda tidak menerima pesan untuk mengatur ulang kata sandi. Kata sandi Anda jadi tidak valid karena pelaku telah masuk dan mengubahnya. Mereka juga mengubah kontak dan perangkat yang terhubung sehingga Anda tidak akan menerima instruksi untuk mendapatkan kembali akun Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Aug 2023

Bagikan

RELATED NEWS