Inilah Penampakan Pedang Bersejarah Milik Ksatria Romawi yang Dicuri 1.900 Tahun Lalu

ifta - Jumat, 08 September 2023 17:22 WIB
Arkeolog menemukan empat pedang Romawi di gua Israel (Israel Antiquities Authority)

Halojatim.com- Sebuah pedang yang diperkirakan milik para ksatria di zaman Romawi kuno ditemukan di sebuah gua di Israel.

Temuan ini mengejutkan para arkeolog di Israel lantaran ada empat pedang sekaligus yang ditemukan.

Lebih mengejutkan lagi, pedang ini diperkirakan ada di zaman Romawi yang berumur 1.900 tahun.

Dikutip dari laman Jogjaaja, senjata ini diperkirakan dicuri atau disita oleh pasukan pemberontak Yahudi dalam pertempuran dan kemudian disembunyikan.

Dari empat senjata langka itu, tiga dengan bilah besi masih terlindungi dalam sarung kayu dan kulitnya. Bilah dari tiga pedang berukuran antara 60 dan 65 sentimeter. Secara dimensi mirip dengan pedang "spatha" Romawi. Sedangkan pedang keempat memiliki bilah yang jauh lebih pendek, berukuran 45 cm dan diklasifikasikan sebagai pedang pukulan cincin.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Otoritas Barang Antik Israel (IAA) Rabu 6 September 2023, semua pedang tersebut adalah pedang standar dan digunakan oleh tentara Romawi yang ditempatkan di Yudea pada saat itu.

“Menemukan satu pedang jarang terjadi – dan sekarang empat? Ini adalah mimpi,” tulis para peneliti dalam pernyataannya yang dikutip Live Science. "Kami menggosok mata kami untuk mempercayainya."

Salah satu pedang yang ditemukan/Israel Antiquities Authority

Para peneliti berpendapat bahwa pemberontak Yudea mungkin menyembunyikan pedang yang dirampas dari tentara Romawi selama Pemberontakan Bar Kokhba. Sebuah pemberontakan yang dipimpin oleh orang-orang Yahudi pada masa itu. Provinsi Romawi di Yudea dan berkembang antara tahun 132 hingga 135 M. Gua itu sendiri berada di tempat yang sekarang menjadi Cagar Alam En Gedi di Israel utara.

“Jelas, para pemberontak tidak ingin tertangkap oleh pemerintah Romawi karena membawa senjata-senjata ini,” kata Eitan Klein, wakil direktur IAA dan salah satu direktur Proyek Survei Gurun Yudea, dalam pernyataan itu.

“Kami baru saja memulai penelitian terhadap gua dan gudang senjata yang ditemukan di dalamnya. Tujuannya untuk mencoba mencari tahu siapa pemilik pedang tersebut, dan di mana, kapan, dan oleh siapa pedang itu dibuat.”

Penemuan ini terjadi 50 tahun setelah tim peneliti lain menemukan stalaktit di dalam gua. Formasi tersebut memuat prasasti tinta yang ditulis dalam aksara Ibrani kuno yang mirip dengan teks yang ditulis pada periode Bait Suci Pertama (957 SM hingga 586 SM). Prasasti menulis kisah dari pembangunan kuil Raja Salomon dan berakhir dengan kehancurannya di tangan orang Babilonia.

Peneliti mengunjungi gua tersebut untuk memotret stalaktit tersebut, dengan harapan menemukan prasasti tambahan. Tetapi ternyata mereka menemukan simpanan pedang.

“Ini adalah penemuan yang dramatis dan menarik, menyentuh momen tertentu,” Eli Escusido, direktur jenderal IAA dalam pernyataannya. Dia menambahkan bahwa temuan ini adalah “kapsul waktu yang unik” dalam sejarah Yudea.

RELATED NEWS