Ini Alasan Hermawan Kartajaya Ingin Jadi Kadaver

Asih - Sabtu, 19 November 2022 16:36 WIB
Hermawan Kartajaya dengan baju rancangan Samuel Wattimena saat hadir di FK Unair.

SURABAYA | halojatim.com - Hermawan Kartajaya (HK) memiliki alasan tersendiri untuk menjadi kadaver. Salah satu alasan kuat itu adalah ingin menjadi guru selamanya.

Karena dengan menjadi kadaver, jasad HK bisa dibuat belajar para mahasiswa kedokteran.

"Guru itu tempat belajar. Dengan menjadi kadaver saya bisa jadi guru selama-lamanya," katanya usai penandatanganan surat wasiat kadaver di Aula FK Unair, Jumat (18/11/2022).
BACA JUGA :

HK mengaku mengetahui tentang kadaver itu dari Prof Dr dr Agung Pranoto pada 2013. Saat itu Prof Agung menjabat sebagai Dekan FK Unair.

"Saya dibilangin Prof Agung, jika ingin menjadi guru selamanya jadilah kadaver. Karena walau kita sudah meninggal tapi bisa memberikan manfaat, bisa jadi bahan pembelajaran calon dokter," kata HK.

Dari sanalah dia mulai berpikir untuk melakukan saran dari Prof Agung. HK mulai bilang ke anak-anaknya untuk niatan itu." Memang awalnya tidak mudah, namun akhirnya semua setuju," ungkapnya.

Di usia yang ke75, HK mantap menjadi kadaver. Bagu HK, angka 75 adalah angka spesial. Karena saat usia itulah HK melangsungkan rangkaian hari ulang tahun di Surabaya, kota yang spesial baginya.

Karena sejak usia 71 tahun, HK selalu merayakan ulang tahun di berbagai daerah dengan rangkaian acara yang padat. Pada usia 71 tahun di Jawa Barat, 72 tahun di Bali, 73 tahun di Jawa Tengah, 74 tahun di Yogyakarta dan 75 tahun di Jawa Timur.

"Saat di Jawa Timur inilah saya membuat surat wasiat kadaver," ungkapnya.

Dan saat hadir di FK Unair, HK sengaja memakai baju model jubah rancangan Samuel Wattimena.

Baju itu dibuat untuk perayaan ulang tahun ke75 yang memadukan kain khas dari lima daerah sesuai lokasi di mana ulang tahunnya dirayakan.

Baju ini dia pakai pertama ke FK Unair dan nantinya kalau sudah meninggal dia ingin dipakaikan baju ini juga.




Editor: Asih

RELATED NEWS