Hermawan Kartajaya Teken Surat Wasiat Kadaver

Asih - Sabtu, 19 November 2022 14:09 WIB
Penandatanganan surat wasiat kadaver antara Hermawan Kartajaya dan Dekan FK Unair, Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG(K) yang disaksikan beberapa saksi.

SURABAYA | halojatim.com - Di ulang tahun ke75, pakar marketing, Hermawan Kartajaya (HK) menandatangani surat wasiat Kadaver, Jumat (18/11/2022).

Penandatanganan dilakukan di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) yang ditandatangani HK, kedua anaknya Anastasia Stephani Hermawan dan Michael EP Hermawan serta Dekan FK Unair, Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG(K) dan beberapa saksi.

Dengan penandatanganan surat wasiat ini, maka secara resmi jasad HK ketika meninggal akan diserahkan ke FK Unair untuk dijadikan kadaver.

BACA JUGA :


Kadaver adalah jasad tubuh manusia yang diawetkan agar bisa dijadikan bahan praktikum seperti anatomi dan sebagainya.

Biasanya jasad itu diawetkan dengan formalin atau dibekukan. Namun saat ini pengawetan banyak dilakukan dengan pembekuan.

Prof Budi Santoso atau yang akrab disapa Prof Bus mengatakan nantinya jasad HK ketika sudah meninggal harus segera mungkin diserahkan.

"Biasanya kadaver itu nantinya dibekukan, kalau dibutuhkan untuk praktik mahasiswa maka akan dikeluarkan. Setelah selesai dibuat praktik anatomi nanti akan dimakamkan atau dikremasi," kata Prof Bus.

FK Unair sendiri memiliki laboratorium khusus anatomi Airlangga Surgical Anatomy Development Center (ASAD - C).

Tempat itu adalah laboratorium bedah mayat bagi mahasiswa FK Unair dan sekaligus workshop untuk ilmu anatomi bagi mahasiswa kedokteran dari berbagai kampus dalam dan luar negeri.

Editor: Asih

RELATED NEWS