Ingin Tahu Apa Kesibukan CEO Apple Tim Cook Saat Pagi? Balas Ratusan Email, Ngegym Lalu Ngopi

ifta - Minggu, 15 Oktober 2023 10:58 WIB
Ternyata Seperti ini Rutinitas Pagi Tim Cook, CEO Apple yang Balas Ratusan Email Setiap Hari (Screenshot YouTube/Motivation ARK)

Halojatim.com- Pagi hari menjadi kunci bagi bos Apple Tim Cook untuk memulai pekerjaan.

Bos perusahaan paling bergengsi di dunia ini bangun lebih pagi sebelum fajar tiba.

Setelah bangun dia mengecek email, setelah itu olahraga ringan dan ngopi.

- CEO Apple Tim Cook adalah seseorang yang cukup tertutup dengan kehidupan pribadinya termasuk rutinitas dan kegiatan sehari-hari yang dia lakukan. Namun, dalam beberapa kesempatan Cook sempat berbagi jadwal hariannya walau hanya sekilas-sekilas.

Berikut ini TrenAsia.com merangkum rutinitas harian Tim Cook dari berbagai sumber.

Bangun Jam 04.30

Tim Cook memulai hari dengan bangun sebelum fajar. Kegiatan yang dia lakukan setelah bangun tidur adalah membaca ratusan email masukan dari pelanggan sebelum berangkat ke gym.

Dalam sebuah wawancara dia pernah mengatakan “Istirahat ekstra untuk hari ini. Tidur sampai jam 4.30,” canda Cook tentang alarm paginya.

Dalam sebuah wawancara dengan The Australian Financial Review pada tahun 2021 Cook mengatakan bahwa merasa dirinya bisa memiliki kebebasan waktu di pagi hari dan melakukan apapun sesuai keinginannya.

“Saya bisa mengendalikan pagi hari lebih baik daripada sore hari dan sepanjang hari. Hal-hal yang terjadi sepanjang hari membuat Anda keluar jalur,” katanya Bos Apple itu.

“Pagi hari adalah milik Anda. Atau haruskah saya katakan, pagi hari adalah milik Anda. pagi hari adalah milikmu." lanjutnya.

Membaca Email Selama Satu Jam

Setelah bangun tidur, hal yang dilakukan Cook adalah membaca email-email dan membalasnya selama kurang lebih satu jam.

Dalam sebuah wawancaranya kepada ABC News tahun 2014, Cook mengatakan bahwa dia menerima 700 atau 800 email setiap hari dan membaca "sebagian besar email tersebut", termasuk masukan dari pelanggan.

"Saya tidak bisa membaca semuanya, tidak. Saya tidak akan mengakuinya," katanya

"Tetapi saya membacanya dalam jumlah yang luar biasa banyak. Hal ini terus memantau apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dilakukan pelanggan." tambahnya.

Salah satu karyawan Apple juga pernah mengatakan bahwa dirinya mendapatkan email pekerjaan dari Cook di pagi hari.

"Tim bangun pagi-pagi sekali dan sangat mengharapkan Anda membalas sebelum matahari terbit," kata salah satu sumber kepada Insider.

Pergi ke Gym

CEO Apple yang menjabat sejak tahun 2011 ini pergi ke gym sekitar jam 5 pagi beberapa hari dalam seminggu.

The Wall Street Journal melaporkan pada tahun 2014 bahwa Cook tidak berolahraga di gedung Apple, melainkan memilih gym di mana ia cenderung tidak bertemu dengan karyawannya.

“Saya pergi ke gym dan berolahraga selama satu jam karena itu menghilangkan stres saya,” katanya kepada Axios pada tahun 2018.

Pergi ke Starbucks

Setelah berolahraga, Cook akan ngopi ke Starbucks. Artikel Time tahun 2012 melaporkan bahwa di sana, dia membaca lebih banyak email sebelum berangkat ke kantor.

Tidak jelas apakah Cook rutin sarapan, tetapi dia mengkonsumsi putih telur orak-arik, sereal bebas gula, susu almond tanpa pemanis, dan bacon saat wawancara dengan kolumnis New York Times Andrew Ross Sorkin pada tahun 2017.

Kegiatan selanjutnya adalah bekerja dan menghadiri rapat ke rapat hingga harinya berakhir. Sejak menjabat sebagai COO, Cook terkenal sebagai karyawan yang datang paling awal dan pulang paling akhir. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 13 Oct 2023

Editor: ifta

RELATED NEWS