Gelar Job Fair di Surabaya, Kemenaker Gandeng 93 Perusahaan

Asih - Selasa, 23 Agustus 2022 18:13 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat hadir di acara job fair di Surabaya, Selasa (23/8/2022).

SURABAYA | halojatim.com - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah membuka kegiatan Job Fair 2022, yang bertempat di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Selasa (23/8/2022).

Job Fair 2022 yang difasilitasi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) ini, diikuti oleh sebanyak 93 perusahaan, dengan jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan sebanyak 476 jenis jabatan dan
kebutuhannya 12.811 orang semua sektor baik ritel, percetakaan, F&B, perbankan dan sebagainya.

"ini hasil kolaborasi pusat dan daerah. Tanpa kolaborasi tidak akan ada hasilnya," katanya.

Baca Juga :

Tidak hanya di Jawa Timur, Job Fair 2022 juga diselenggarakan di tiga Provinsi lain di Indonesia secara bersamaan. Yakni Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat.

Menurut Menaker, Job Fair 2022 ini menjadi salah satu cara Kemenaker untuk mempertemukan antara pemberi kerja dengan para pencari kerja. Sehingga diharapkan, tercipta lapangan pekerjaan baru.

"Kita sebenarnya secara rutin menyelenggarakan Job Fair semacam ini, tapi memang yang hybrid itu baru kita mulai di sini," terangnya.

Di sisi lain, dakui Menaker bahwa angka pengangguran mengalami penurunan pada tahun 2022 ini. Tercatat pada tahun 2021 lalu angka pengangguran 6,2 persen, sedangkan tahun 2022 sebesar 5,8 persen.

"Acara seperti ini akan terus kita lakukan, berarti akan banyak sekali teman teman pencari kerja, akan ketemu dengan lapangan pekerjaan baru, berarti angka pengangguran pasti akan turun," tandasnya.

Editor: Asih

RELATED NEWS