Gandeng Pemkot Surabaya, BI Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022

Asih - Kamis, 24 November 2022 11:44 WIB
Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto (tengah) bersama Dadal Angkoro selaku Deputi Direktur BI Jatim (kanan) dan Bandoe Widiarto selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim (kiri) saat jumpa media dalam acara Java Coffee Culture 2022.

SURABAYA | halojatim.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Timur akan menggelar Java Coffee Culture 2022, Beyond a Cup of Coffee.

Acara pada Sabtu (26/11/2022) dan Minggu (27/11/2022) itu digelar di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya.

Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Budi Hanoto mengatakan ajang ini sebagai sebuah upaya untuk mencari alternatif agar bisa kembali membangkitkan perekonomian Jawa Timur.

"Jatim kan dikenal sebagai penghasil kopi terbesar. Jadi tidak ada salahnya kita ekspos kopi," kata Budi pada media, Rabu (23/11/2022).

BACA JUGA :


Dari produksi kopi pada 2021 yang mebcapai 99 ribu ton, Jatim memberikan kontribusi cukup besar yakni 49 ribu ton.

Karena itulah komoditas yang sangat potensial ini dikembangkan BI agar ke depan menjadi sumber peningkatan perekonomian.

"Lewat gelaran ini kami berharap bisa lebih berkembang dan kopi lebih tereksplor," ungkap Budi.

Kegiatan JCC berfokus pada pencapaian tiga target outcome utama. Pertama, JCC diharapkan menjadi batu loncatan pengusaha kopi untuk meningkatkan eksposur, nilai tambah dan penguatan rantai nilai komoditas kopi dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi baik di tingkat regional maupun nasional.

Kedua, JCC mampu mendorong hadirnya hidden gem kopi-kopi asli pulau Jawa berkualitas dunia yang tercermin dari nilai cupping test. Ketiga, JCC diharapkan menjadi momen berharga pertemuan kopi terbaik dengan potential buyer dan aggregator eksportir kopi (business matching).

JCC 2022 akan dibagi menjadi 5 (lima) rangkaian event, yakni EduCoffee (Talkshow & Workshop), Business Matching, Competition, Showcasing, dan Pesona Kopi Jawa. Event EduCoffee, yang dikemas dalam bentuk talkshow dan workshop melibatkan petani, UMKM/klaster kopi/pelaku usaha kopi, dan masyarakat.

Berbagai topik yang diusung antara lain mengenai rantai nilai kopi untuk go global dan go digital secara end-to-end, Kiat Sukses dan Inovasi Coffeepreneur di Era Digital, dan Brewing workshop.

Tak kalah menarik, dalam agenda Business Matching JCC 2022, akan dipertemukan UMKM Komoditas Kopi Binaan/Mitra KPw BI dengan potential buyer, antara lain dari kalangan pengunjung, kedai, dan aggregator.

Selain itu, mendorong UMKM berjualan di marketplace (BM Onboarding) dan mendorong nilai transaksi penjualan merchant kopi di marketplace.

Selanjutnya untuk showcasing UMKM, JCC 2022 melibatkan berbagai UMKM binaan Bank Indonesia se-Jawa dengan total mencapai 40 UMKM. Berbagai jenis produk kopi beserta turunannya akan disajikan dan tentunya Tester Kopi untuk pengunjung agar bisa merasakan citarasa kopi nasional.

Showcasing ini nantinya akan diikuti oleh berbagai stakeholder kopi dari hulu hingga hilir (PTPN, Export Center, Komunitas Kopi, dst) dengan total sebanyak 40 (empat puluh) booth.

Dalam rangka menyemarakkan acara, ajang JCC 2022 juga menyuguhkan berbagai kompetisi menarik yang dapat diikuti oleh peserta umum dengan kategori lomba kekinian seperti Latte Art, Cover Song, Coffee Culture Video dan Kreasi Jajanan Kopi Jawa.

Sebagai pamungkas, Pesona Kopi Jawa akan menjadi puncak acara Java Coffee Culture (JCC) 2022 pada 27 November 2022 di Jalan Tunjungan.

Editor: Asih

RELATED NEWS