Coba Dipikir-Pikir Dulu Kalau Mau Renovasi Rumah Pada Bagian Ini, Terancam Sia-Sia

ifta - Rabu, 12 Juli 2023 07:17 WIB
5 Jenis Renovasi Rumah yang Justru Menghabiskan Uang dengan Sia-sia (Freepik.com/pvproductions)

Halojatim.com- Jangan sembarangan untuk merenovasi rumah khususnya pada bagian-bagian ini. Jika tidak benar-benar dipertimbangkan, maka renovasi yang pastinya menghabiskan dana tak sedikit itu akan menjadi sia-sia.

Biasanya renovasi pada bagian-bagian ini hanya akan berguna di awal saja, namun seiring berjalannya waktu malah akan menjadi tak berguna sama sekali.

Seperti halnya membuat kolam renang khusus untuk anak-anak, maka ketika anak tumbuh dewasa kolam itu malah akan menjadi lubang tak berguna dan bahkan menjadi sarag nyamuk jika masih ada airnya. Belum lagi saat masih ada airnya biaya perawatan juga harus dikeluarkan.

Kunci agar Anda berhasil merenovasi rumah adalah dengan mengetahui proyek apa saja yang benar-benar menguntungkan Anda dalam jangka panjang dan proyek apa yang membuang-buang waktu Anda. Inilah beberapa proyek renovasi rumah yang harus Anda hindari karena dapat menghabiskan uang Anda dengan sia-sia.

Proyek Renovasi Rumah yang Justru Menghabiskan Uang

Proyek renovasi rumah yang justru menghabiskan uang

Berikut beberapa proyek perbaikan rumah yang sebaiknya Anda hindari karena hanya akan membuat tabungan Anda ludes untuk hal yang kurang dibutuhkan.

1. Menambah Kolam Renang

Saat cuaca panas tiba dan sulit untuk menemukan tempat yang digunakan untuk berenang, membuat kolam renang tentu bisa menjadi ide yang luar biasa. Namun, sebelum Anda mewujudkannya Anda perlu tahu bahwa biaya pemeliharaan kolam renang itu cukup mahal yang berarti Anda akan selalu membayar untuk memelihara kolam Anda.

Selain itu, jika Anda ingin menjual rumah Anda, adanya kolam renang ternyata dapat menjadi salah satu kelemahan. Banyak pembeli rumah memandang kolam renang sebagai kerumitan tambahan atau potensi bahaya jika mereka memiliki anak.

2. Upgrade Kamar Tidur Utama

Bagi sebagian orang, kamar tidur utama adalah ruangan terbaik di dalam rumah. Tidak mengherankan jika banyak orang yang suka merenovasi ruang tidur utama tersebut.

Pemilik rumah biasanya ingin memiliki kamar mandi yang besar, lemari khusus, ruangan yang cukup besar untuk tempat tidur king size dan mungkin area tempat tidur. Akan tetapi, ternyata menambahkan beberapa furnitur tersebut justru tidak sepadan dengan uang yang Anda keluarkan. Daripada merenovasi ruang tidur secara total, Anda bisa mencoba menggunakan ruang yang Anda miliki dan menata ulang kamar utama Anda.

3. Membuat Ruangan Khusus untuk Bekerja

Saat pandemi COVID-19, mungkin Anda merasa bahwa ruangan khusus untuk bekerja adalah hal yang diperlukan. Apalagi sekarang banyak orang bekerja dari rumah sehingga menciptakan ruang khusus tersebut diyakini dapat mengoptimalkan produktivitas saat bekerja.

Akan tetapi, banyak pembeli rumah yang mungkin merasa ragu untuk membeli suatu rumah yang sudah ada ruangan khusus untuk bekerja. Hal ini karena pada umumnya calon pembeli melihatnya sebagai ruangan yang harus mereka bentuk ulang jika mereka ingin menggunakannya untuk hal lain.

4. Kamar Khusus

Jika Anda pernah menonton acara yang menampilkan rumah para selebriti, Anda mungkin memperhatikan akan adanya banyak ruangan hiburan yang mereka miliki. Mereka mungkin memiliki ruangan khusus untuk menonton film, ruangan bermain untuk anak-anak dan sebagainya.

Kamar-kamar dengan tujuan khusus ini mungkin dapat memberikan kesan tambahan atau nilai tambah bagi rumah Anda. Namun, di sisi lain tidak semua orang akan memilih kamar khusus yang sama seperti Anda. Tidak mengherankan jika banyak calon pembeli yang jarang membeli rumah yang memiliki terlalu banyak kamar khusus tersebut.

5. Menambah Kamar Mandi

Banyak orang yang ingin menambah jumlah kamar mandi atau memperluas kamar mandi di rumahnya. Hal ini mungkin karena mereka ingin memberikan fasilitas yang layak bagi orang-orang di rumah mereka.

Akan tetapi, membangun kamar mandi ternyata tidak murah, apalagi nilai kamar mandi akan turun setelah renovasi selesai. Belum lagi, Anda masih harus rutin merawat dan membersihkannya yang nantinya akan membutuhkan energi dan uang lebih banyak.

Itu tadi beberapa proyek renovasi rumah yang ternyata hanya menghabiskan uang saja tanpa memberikan nilai yang berarti. Apakah Anda pernah berniat untuk melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 12 Jul 2023

RELATED NEWS