Cara Mencegah agar iPhone Aman dari Ancaman Virus Ini, Keamanan Berlapis

ifta - Sabtu, 24 Juni 2023 12:37 WIB
Waspada! Ada Malware Baru yang Mengincar iPhone, Ini Cara Mencegahnya (iPhone)

Halojatim.com- Ancaman virus ini dapat menyerang pengguna iPhone. Hal yang paling fatal adalah adanya 'pembajakan' pesan teks.

Namun jangan kuatir, langkah pencegahan sedini mungkin bisa langsung dilakukan untuk melindungi si pemakai.

Baru-baru ini perusahaan antivirus, Kaspersky menemukan adanya malware yang dapat menimbulkan ancaman signifikan bagi pengguna iPhone.

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest pada Sabtu, 24 Juni 2023, virus iPhone ini menargetkan sistem operasi iPhone yang saat ini masih berjalan hingga iOS 15.7 melalui aplikasi iMessage. Virus tersebut dapat mengeksploitasi kerentanan keamanan dalam bentuk lampiran pesan teks.

Meski begitu, jangan khawatir. Tampaknya virus atau malware tersebut mudah untuk diatasi atau dihindari. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini.

Malware Baru yang Menargetkan iPhone

Malware Baru yang Menargetkan iPhone

Malware ini diketahui memanfaatkan kerentanan dalam fitur lampiran yang dikirim melalui aplikasi iMessage. Ketika pengguna iPhone yang tidak curiga menerima pesan teks malware semacam itu, maka celah keamanan di dalam lampiran yang dikirim akan dipicu secara otomatis yang memungkinkan dieksekusinya kode berbahaya meski tanpa melibatkan interaksi pengguna apapun.

Dengan mengeksploitasi kelemahan ini, malware membuat koneksi dengan server Command and Control. Koneksi ini memungkinkan malware untuk menemukan, mengakses, dan mengeksploitasi kerentanan tambahan.

Hal tersebut kemudian akan memberikan malware kendali penuh atas perangkat iPhone yang telah ditargetkan tersebut. Dengan kontrol atas iPhone, hacker dapat mengakses kontak, akun, aplikasi, data pribadi, bahkan informasi pembayaran jika Anda menggunakan Apple Pay di perangkat Anda.

Cara Melindungi iPhone dari Malware

Cara Melindungi iPhone dari Malware

Kabar baiknya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dari malware ini. Langkah paling vital untuk melindungi perangkat Anda dari serangan malware adalah memperbarui iPhone Anda.

Memperbarui firmware iOS akan melengkapi Anda dengan lapisan keamanan terbaru, karena Apple secara rutin merilis tambahan dan pembaruan keamanan untuk mengatasi kerentanan baru. Dengan memastikan perangkat Anda menggunakan iOS versi terbaru, Anda mampu mengurangi risiko menjadi korban malware ini dan ancaman keamanan seluler lainnya.

Untuk memperbarui firmware iOS Anda, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi Pengaturan atau Settings.
  2. Buka General dan pilih Software update.
  3. Jika ada pembaruan yang tersedia, tap ‘Download and Install’
  4. Anda juga bisa mengaktifkan Automatic Updates jika Anda belum melakukannya.

Malware ini mengeksploitasi kerentanan lampiran di iMessage tanpa memerlukan interaksi pengguna, maka Anda juga perlu mematikan pratinjau pesan otomatis sebagai tambahan lapisan keamanan. Cara ini bisa berguna untuk menambah tingkat keamanan lain dengan mencegah konten yang berpotensi berbahaya dimuat secara otomatis. Untuk menonaktifkan pratinjau pesan otomatis lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Messages.
  3. Di bagian Notification, nonaktifkan opsi Show Previews’.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 24 Jun 2023

Bagikan

RELATED NEWS