Makin Hari Bayar Sekolah Makin Mahal, Ini Cara Investasi Biaya Pendidikan Anak

ifta - Sabtu, 24 Juni 2023 06:31 WIB
Makin Hari Makin Fantastis, Berikut Cara Investasi Biaya Pendidikan Anak (Pexels / Julis M Cameron)

Halojatim.com - Semakin hari biaya sekolah atau pendidikan semakin mahal. Bahkan berdasarkan data, biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tinggi sekitar 10 - 15% per tahun.

Perlu langkah yang konsisten agar alokasi untuk pendidikan anak ini bisa jadi prioritas.

Dengan adanya investasi secara teratur untuk pendidikan anak, maka kenaikan biaya pendidikan bisa disiapkan lebih dini. Lalu bagaimana caranya?

1. Rencanakan dengan Matang

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan sehingga tujuan investasi Anda bisa lebih jelas.

Hasilnya tentu bukan angka yang sedikit, namun tak perlu merasa khawatir dan terintimidasi ketika melihat nomornya. Yakini dengan berinvestasi pada instrumen dan jumlah yang tepat secara teratur, Anda dapat mewujudkan impian ini.

2. Sisihkan Uang Secara Konsisten

Besaran angka yang Anda temukan dari proses perencanaan mungkin membuat Anda khawatir, namun posisi Anda akan lebih aman jika usia anak Anda masih kecil. Karena artinya, Anda masih memiliki cukup banyak waktu untuk mulai menyisihkan dana secara konsisten.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan secara konsisten menyisihkan uang. Langkah ini dapat mendekatkan Anda kepada tujuan keuangan seperti mengisi air di ember dengan tetes per tetes.

3. Buat Rencana Tambahan Penghasilan

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan menemukan uang lebih dalam anggaran Anda. Uang ini dapat Anda alokasikan untuk meningkatkan tabungan dana pendidikan anak.

Seiring tambah usianya anak, Anda sudah tidak harus mengeluarkan uang untuk biaya penitipan Anak, jadi alokasikan biaya ini pada dana tabungan pendidikan. Anda harus ketat dalam pengalokasian ini, karena jika tidak, Anda mungkin akan kehilangan kontrol dan menggunakan uang Anda untuk biaya lain yang tidak penting.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 24 Jun 2023

RELATED NEWS