Bupati Jember Pantau Cuaca Gunakan Pesawat, Ada Temuan Lubang Berbahaya Ini

ifta - Minggu, 07 Agustus 2022 12:35 WIB
Pantau - Bupati Jember memantau daerah menggunakan pesawat jelang Musim penghujan yang sebentar lagi tiba dan bakal mengguyur wilayah Jember.

JEMBER, Halojatim.com- Musim penghujan sebentar lagi bakal tiba dan bakal mengguyur semua wilayah di Indonesia.

Guna mengantisipasi agar tidak terjadi bencana alam akibat banjir, Bupati Jember Hendy Siswanto, melakukan joint flight tour dari Bandara Notohadinegoro Jember menuju landasan Cikasur yang berlokasi di Gunung Argopuro, Sabtu pagi 6 Agustus 2022.

Pemantauan dilakukan dengan menggunakan pesawat dan bisa melihat lebih jelas kondisi daerah di Jember.

“Barusan saya ditemani bapak Agus Wijaya Kadishub Jember terbang di atas Gunung Argopuro, memang di atas ada landasan ya di Cikasur tadi kami persis di atasnya,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Melalui pemantauan langsung dari atas udara, Bupati Jember Hendy Siswanto melihat adanya coakan (lubang pada tanah) yang kondisinya retak di atas Desa Karangpring dan Desa Panti.

“Memang ada coakan, kumpulnya air yang cukup besar di situ yang berpotensi menimbulkan bahaya banjir,” terang Bupati Hendy Siswanto.

Dari pemantauan langsung dari udara ini, Hendy memetakan potensi bencana banjir, terlebih ke depan hingga Desember adalah musim hujan.

Bupati Hendy juga menyebut, langkahnya ini baru investigasi dan belum ada penanganan apapun sejak puluhan tahun Kabupaten Jember berdiri.

“Ke depan kita akan ada joint flight yang kedua untuk memetakan lebih detil untuk aliran air dari atas Gunung Argopuro, dan itu sangat penting dan akan beresiko tinggi apabila tidak diantisipasi dari sekarang. Seluruh hasilnya akan kita laporkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kementerian PUPR,” jelasnya. (*)

RELATED NEWS