Buka Link Ini, Bikin WhatsApp Langsung Mogok

Asih - Sabtu, 10 Juni 2023 16:30 WIB
Awas Link Berbahaya Ini Buat WhatsApp Langsung Mogok, Pengguna Ponsel Android Wajib Tahu! (Freepik.com/wayhomestudio)

JAKARTA | halojatim.com - Jika Anda menggunakan WhatsApp di perangkat atau ponsel Android sebaiknya Anda harus sangat berhati-hati.

Karena ada link yang dapat mengakibatkan aplikasi tersebut jadi langsung mogok.

Sesuai lampiran dari Android Police, membuka chat grup atau individu yang berisi link bermasalah seperti wa.me/settings dapat memicu aplikasi WhatsApp jadi mogok. Biasanya, link tersebut akan mengarahkan pengguna ke pengaturan WhatsApp, tapi bisa juga menyebabkan WhatsApp versi Android jadi mogok.

Bug tersebut juga memengaruhi pengguna WhatsApp Business. Laporan tersebut menunjukkan bahwa setelah obrolan yang berisi link tadi dibuka, hal itu akan memicu kerusakan.

BACA JUGA :

Akan tetapi, aplikasi tersebut dapat melanjutkan fungsi normalnya ketika aplikasi memulai ulang. Hal ini ternyata juga bukan pertama kalinya dilaporkan. Selain layanan yang tiba-tiba mogok, dua tahun lalu wallpaper dengan satu pikel memiliki kemampuan untuk langsung membuat aplikasi jadi rusak.

Apa yang Harus Dilakukan oleh Pengguna WhatsApp?

Apa yang Harus Dilakukan oleh Pengguna WhatsApp?

Seperti yang ditelusuri dari HT Tech, sebaiknya Anda tidak mengirim pesan berupa link yang disebut di atas ke obrolan siapapun. Jika tidak, hal itu akan menghancurkan WhatsApp.

Dilaporkan bug tersebut hanya memengaruhi perangkat Android saja yang berarti pengguna iPhone dan Web aman dari pengaruh link tersebut. Jika Anda telah mengirim tautan yang berisi pesan tersebut, jangan khawatir. Ada solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bug tersebut.

Anda bisa menggunakan aplikasi web atau WhatsApp desktop untuk menghapus pesan tersebut segera dari obrolan. Setelah itu, gunakan WhatsApp tanpa merusaknya.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat membuka tautan atau link tersebut, Jika Anda menemukan link tersebut, jangan sampai mengkliknya.

Akan tetapi, jika tampaknya link yang dikirimkan kepada Anda adalah link yang penting, pendekatan yang hati-hati adalah menyalin tautan dan memeriksanya secara terpisah. Anda juga perlu menjaga ponsel Anda dengan tetap memiliki aplikasi antivirus yang membuat Anda aman dari malware.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 10 Jun 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS