Berharap Tak Ada Gejolak Pembebasan Lahan, Ini 35 Desa yang Dilewati Tol Tuban

ifta - Sabtu, 19 Februari 2022 13:56 WIB
Jalan Tol Surabaya -Mojokerto yang mulai meningkat volume kendaraan

TUBAN, Halojatim.com- Proyek nasional yakni pembangunan ruas tol di Tuban kini terus berproses.

Saat ini sudah diketahui desa-desa mana saja yang akan dilewati atau terdampak pembangunan megaproyek tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Bambang Irawan menjelaskan, pihaknya telah menggelar konsultasi publik rencana proyek jalan tol yang melewati lima kabupaten, termasuk Kabupaten Tuban yang melewati ruas Tol Ngawi.

Rencana pembangunan jalan tol Tuban ini akan melewati jalan sepanjang 53,8 KM dengan lebar tol kurang lebih 8 meter.

Upaya pendekatan kepada masyarakat juga terus dilakukan agar saat pembebasan lahan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

"Untuk pembebasan lahan semua dari tim Kementerian PUPR, Pemkab paling tidak berupaya bagaimana dalam pembebasan lahan nantinya tidak terjadi gejolak di masyarakat," ujar Bambang dilansir Halojatim.com dari laman resmi pemkab Tubankab.go.id, pada Sabtu (19/2).

Konsultan pembangunan proyek Tol Demak-Tuban, Ridwan Hoesin mengatakan tahapan konsultasi publik ini untuk menyaring keinginan masyarakat terdampak.

Selanjutnya masih ada tahapan uji dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang telah disusun.
Kemungkinan akhir Februari ini tim pembebasan lahan dari pusat akan turun untuk berkoordinasi dengan kabupaten, kecamatan dan desa serta fokus kepada warga yang terdampak, pengukuran lahan dan mencatat keinginan warga.

"Tahapan selanjutnya sekitar Mei atau Juni ada studi Amdal yang fokus sosialiasi di desa dan kecamatan terdampak. Prosesnya masih panjang, semoga bisa berjalan lancar," harapnya.

Untuk diketahui, 35 desa dari lima kecamatan terdampak rencana pembangunan ruas Tol Demak - Tuban masing-masing Desa Jatisari, Karangrejo, Kayen, Latsari, Ngujuran, Siding, Sukoharjo, Tenggerkulon dan Tlogoagung di Kecamatan Bancar; Desa Gaji, Gemulung, Jarorejo, Kasiman, Kedungrejo, Margomulyo, Padasan, Temayang dan Wolutengah di Kecamatan Kerek; Desa Kapu, Pongpongan, Tahulu, Tegalrejo, Temandang, Tuwiri Kulon dan Tuwiri Wetan di Kecamatan Merakurak.

Kemudian Desa Bektiharjo, Boto, Genaharjo, Penambangan, Prunggahan Kulon dan Sambongrejo di Kecamatan Semanding; Desa Belikanget, Cokrowati, Mander dan Plajan di Kecamatan Tambakboyo.
Kemudian untuk trase jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Tuban meliputi enam desa dari satu kecamatan, yakni Desa Bandungrejo, Jatimulyo, Magersari, Plandirejo, Plumpang dan Sambungrejo di Kecamatan Plumpang. (*)

Tags NasionalTolTubanBagikan

RELATED NEWS