602 Pelajar Berebut Jadi Paskibraka, Jejak Digital Medsos Milik Pendaftar Bakal Dicek

ifta - Rabu, 22 Maret 2023 23:11 WIB
602 Pelajar Berebut Jadi Paskibraka, Bakal Dites Jejak Digital Medsos Milik Pendaftar

Surabaya, Halojatim.com- Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 secara resmi telah dibuka.

Dalam pendaftaran kali ini akan ada sejumlah tes, termasuk juga melakukan pemeriksaan terkait jejak digital si pendaftar.

Saat ini tercatat ada 602 pelajar SMA/SMK negeri dan swasta di Kota Surabaya, Jatim, mengikuti seleksi Paskibraka yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan tahapan seleksi Paskibraka diawali dengan pendaftaran yang dibuka mulai 26 Februari hingga 6 Maret 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan tahapan seleksi administrasi, tinggi badan, berat badan dan tampilan pada 13 Maret 2023.

Pendaftaran Paskibraka tahun 2023 dilakukan secara daring melalui situs paskibraka.bpip.go.id.

Seluruh persyaratan administrasi diunggah melalui situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) oleh masing-masing pendaftar.

"Jadi semua permohonan pendaftaran diunggah di akun masing-masing di situs BPIP. Setelah tahapan administrasi, dilanjutkan seleksi kesehatan dan parade pada 16 Maret 2023 oleh tim seleksi dari Garnisun," katanya dikutip dari laman Antara, Rabu (22/3).

Setelah melalui tahapan tersebut, Yayuk menjabarkan, bahwa seluruh peserta kemudian mengikuti seleksi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dan Tes Inteligensia Umum (TIU) pada 18 Maret 2023.

Kemudian, tahapan dilanjutkan dengan seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan pada 20 Maret 2023.

"Selanjutnya untuk tahap terakhir adalah wawancara yang dilaksanakan Jumat 24 Maret 2023. Wawancara berkaitan terutama mengecek jejak digital sosial media (peserta) itu seperti apa, mereka terkait dengan siapa saja dan sebagainya," ujarnya.

Total 602 pendaftar akan disaring menjadi 100 peserta saja. ***

RELATED NEWS