4 Tips dari BI Jika Ingin Jadi Eksportir Sukses

ifta - Jumat, 29 September 2023 11:26 WIB
Ingin Jadi Eksportir Sukses? Simak 4 Tips dari BI Berikut (Bank Indonesia)

JAKARTA, Halojatim.com - Melebarkan sayap dengan menjalani bisnis keluar negeri memberikan dampak positif bagi usaha Anda, baik itu menjual atau membeli produk.

Bank Indonesiamemberikan tips agar Anda bisa menjadi eksportir yang andal.

Ada empat syarat yang harus Anda penuhi. Berikut ini dikutip dari keterangan resmi Bank Indonesia, keempat syarat tersebut adalah:

1. Mempersiapkan Legalitas Usaha

Untuk dapat melakukan kegiatan ekspor, pengusaha atau eksportir di Indonesia perlu memiliki Izin Ekspor. Pastikan bahwa perusahaan Anda sudah berbadan hukum dan memiliki izin usaha yang lengkap seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), NIK (Nomor Identitas Kepabeanan), dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

Legalitas usaha ini jadi langkah utama untuk membuat bisnis ekspor Anda menjadi sah dan legal.

2. Memahami Prosedur Perdagangan Internasional

Penting juga bagi Anda untuk memahami dengan baik prosedur dan aturan perdagangan internasional yang berlaku, serta standar ekspor yang harus dipenuhi.

Misalnya, pastikan produk yang akan Anda ekspor memenuhi standar kualitas yang ditetapkan di negara tujuan. Tujuan dilakukannya ini adalah agar produk Anda dapat bersaing di pasar internasional.

Proses dan biaya pengiriman, pemilihan jasa freight forwarder, asuransi barang, dan prosedur bea cukai juga menjadi hal-hal penting yang tidak bisa Anda abaikan.

3. Gunakan Aplikasi SiMoDIS

SiMoDis atau Sistem Informasi Monitoring Devisa Terintegrasi Seketika merupakan aplikasi pemantauan atas devisa ekspor/impor dari Bank Indonesia.

SiMoDis dapat membantu Anda untuk memantau dan melacak kegiatan ekspor dan impor, serta informasi terkait devisa. Dengan begitu, Anda dapat menilai kinerja ekspor perusahaan dengan baik dan membuat pelaporan secara efisien.

4. Manfaatkan TD Valas DHE dari Bank Indonesia

Dengan memanfaatkan Term Deposit Valuta Asing Hasil Devisa Ekspor (TD Valas DHE) dari Bank Indonesia, Anda dapat menempatkan devisa hasil ekspor Anda di Bank Indonesia dengan suku bunga yang kompetitif.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai insentif tambahan, sehingga devisa hasil ekspor Anda aman dan tentunya lebih menguntungkan. Saat ini sudah ada 20 bank yang ditunjuk untuk menempatkan dana nasabah eksportir di Bank Indonesia.

Nah berikut tadi adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi eksportir yang sukses. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 29 Sep 2023

Tags BIEksportirTips Bagikan

RELATED NEWS