32 MUA Surabaya Merias Model Bak Dewi-Dewi Legenda

Asih - Rabu, 22 Juni 2022 20:56 WIB
Dewi Gayatri karya perias Aixa Paramitha saat tampil di atas catwalk.

SURABAYA | halojatim.com - Sebanyak 32 make up artist (MUA) Surabaya merias model-model hingga menyerupai dewi-dewi dalam legenda.

Mereka memang ditantang untuk bisa mengimplementasikan kecantikan dewi-dewi legenda yang ada dalam dogeng dan sejarah bangsa itu dalam ajang Swastamita Arunika dalam rangka Bulan Bung Karno dan Hari Lahirnya Pancasila yang digelar Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Rabu (22/6/2022).

Dewi-dewi legenda itu di antaranya Putri Sri Tanjung, Dewi Saraswati, Dewi Rengganis, Kendedes dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga :

Para 'dewi-dewi' legenda itu tampil satu per satu di atas catwalk di lobby Gedung Roeslan Abdulghani Kampus Untag Surabaya. Mereka tampil lengkap dengan atribut dan asesorisnya.

Tidak sekadar ditampilkan, tapi juga diceritakan tentang sosok dewi tersebut sehingga penonton benar-benar paham tentang sosoknya bukan sekadar tampilan fisiknya.

Penggagas acara, Nunik Silalahi mengatakan sengaja pihaknya menampilkan tata rias dalam ajang itu karena kecantikan dan tata rias tidak bisa dipisahkan.

"32 make up artist ini melakukan interpretasi kecantikan dewi legenda itu melalui penelusuran sejarah. Dari referensi-referensi yang mereka ketahui, diaplikasikan dalam tata rias," ujar Nunik.

Aixa Paramitha, perias tokoh Dewi Gayatri Rajapatmi mengungkapkan memilih make up bold dengan teknik brush agar lebih menyatu dengan kulit dan tahan lama.

Karena kostum yang digunakan berat dan berlapis sehingga kemungkinan keringat model akan berlebih. Selain itu karakter cantik dan wibawa Gayatri yang merupakan ratu menurutnya bisa tercermin dari tampilan make up bold.

"Jadi make up kekinian tapi tetap memiliki makna masa lalu. Ini impian saya secara pribadi untuk bisa merias tokoh legenda nusantara. Makanya saya sangat exited dan all out. Semua detail saya pertimbangkan untuk tampil maksimal," ungkapnya.

Editor: Asih

RELATED NEWS