3 Instalasi Pengolah Air Limbah Dibangun di IKN, Habiskan Dana Rp638 Miliar

ifta - Sabtu, 28 Oktober 2023 06:14 WIB
Salah satu IPAL yang ada di IKN Nusantara

Halojatim.com- Tiga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bakal dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Biaya yang dihabiskan untuk proyek ini mencapai setengah triliun lebih, tepatnya di angka Rp638 miliar.

IPAL ini dibangun dengan standar 'hijau' sebagaimana konsep IKN dibangun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun tiga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai salah satu infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Konstruksi IPAL 1,2, dan 3 di IKN baru mulai dikerjakan sebesar 7%. Ketiga IPAL tersebut diproyeksikan akan selesai pada Desember 2024. Anggaran pembangunan IPAL tersebut bersumber dari APBN dengan nilai kontrak Rp638,8 miliar.

Kementerian PUPR menerapkan sistem teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) dalam pengolahan limbah domestik agar menghasilkan standar influen (baku mutu) sebelum dilakukan daur ulang maupun bercampur dengan badan air. Hal tersebut dilakukan agar pengolahan limbah lebih ramah lingkungan serta sejalan dengan prinsip IKN Nusantara sebagai smart city dan kota modern berkelanjutan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi pada 26 Oktober 2023 menjelaskan pembangunan IKN tidak hanya memindahkan kota dan gedung pusat pemerintahan, namun juga menciptakan pusat perkotaan modern dengan konsep IKN Nusantara sebagai Future Smart Forest City of Indonesia.

Secara teknis, sistem IPAL IKN Nusantara menerapkan teknologi MBBR yang melibatkan pengaliran limbah domestik melalui saluran pipa ke IPAL yang terintegrasi dengan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk mencapai standar mutu sebelum bisa didaur ulang atau dialirkan ke badan air, seperti sungai. ***

Tags IPALIKNLimbahBagikan

RELATED NEWS