Yakin Pilih Homeschooling? 4 Biaya Ini Harus Anda Perhatikan

Minggu, 05 November 2023 12:54 WIB

Penulis:ifta

Ingin Homeschooling kan Anak? 4 Biaya Ini Harus Anda Perhatikan
Ingin Homeschooling kan Anak? 4 Biaya Ini Harus Anda Perhatikan (Istimewa)

Halojatim.com- Sejak pandemi COVID-19 Tren homeschooling atau pendidikan di rumah untuk anak banyak dilakukan para orangtua untuk anak-anak mereka.

Sebelum memutuskan untuk homeschooling orangtua perlu mempertimbangkan adanya banyak biaya tambahan.

Dari tamabahan kelas peminatan, kurikulum, membeli buku, hingga aplikasi-aplikasi tertentu yang di sekolah umum sudah disediakan secara gratis.

Berikut ini, TrenAsia.com merangkum 4 biaya yang harus diperhatikan orang tua jika ingin memberikan homeschooling untuk sang buah hati.  

1. Kurikulum Homeschooling 

Bagi banyak keluarga homeschooling, kurikulum adalah biaya yang cukup besar. Besarnya biaya kurikulum ini biasanya berdasarkan kebutuhan dan minat sang anak. 

Orang tua memang bisa membuat kurikulum homeschooling sendiri, namun produk kurikulum yang dibeli biasanya menawarkan produk yang telah dibuat oleh ahlinya meliputi unduhan digital, cetak gratis, rencana pembelajaran dan lainnya. 

2. Pod Homeschooling 

Pod homeschooling adalah tempat dimana siswa homeschooling dari berbagai keluarga bertemu untuk belajar mata pelajaran bersama. Pengajar biasanya dari orang tua sang anak. 

Pod homeschooling menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari praktik homeschooling karena anak dapat berinteraksi, berdiskusi, dan bersosialisasi dengan teman sebayanya dari keluarga homeschooling lain. 

Pelaksanaan pod homeschooling tentu tidak gratis begitu saja, ada biaya-biaya yang harus Anda persiapkan. 

3. Pelajaran Tambahan 

Tidak semua orang tua mampu mengajari anaknya setiap mata pelajaran atau aktivitas belajar. Mereka mungkin perlu mendapatkan bantuan pihak lain untuk mata pelajaran minat seperti melukis, menari, olahraga, bermain alat musik, dan sejenisnya. 

Namun begitu, tidak berarti semua aktivitas anak harus mahal. Orang tua dengan anggaran yang lebih rendah juga bisa menyediakan sejumlah kegiatan untuk anak-anaknya salah satunya dengan mendaftarkan ke kelas online. 

4. Perlengkapan dan Kunjungan Lapangan 

Bagi banyak keluarga homeschooling, penjelajahan di alam terbuka, karyawisata, aktivitas luar ruangan, dan membaca mandiri dapat menjadi pendidikan utama mereka. 

Meski buku dapat dipinjam dari perpustakaan, biaya aktivitas belajar lainnya tidak bisa dihiraukan begitu saja. 

Misalnya sepeda, pakaian, alat ajar, perlengkapan sekolah, meja, kursi, laptop, peralatan outdoor dan sebagainya. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 05 Nov 2023