Tarian Kolosal Meriahkan Festival Segoro Topeng Kaliwungu, Sedot Wisatawan ke Lumajang

Senin, 26 Juni 2023 11:25 WIB

Penulis:ifta

Screenshot 2023-06-26 061829.jpg
Tarian Kolosal Meriahkan Festival Segoro Topeng Kaliwungu, Sedot Wisatawan ke Lumajang

Lumajang, Halojatim.com- Segala upaya untuk menyedot kunjungan wisatawan dilakukan oleh Pemkab Lumajang.

Kali ini melalui tarian kolosal yang melibatkan ratusan penari diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Lumajang.

Sajian budaya ini bernama South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu. 

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyampaikan South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu yang diadakan di Pantai Watu Pecak, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dapat memberikan dorongan bagi pariwisata di daerah tersebut.

Pada kegiatan South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu yang berlangsung di Pantai Watu Pecak pada hari Minggu, sebanyak 500 penari topeng Kaliwungu dan 50 jaran kencak menyuguhkan pertunjukan spektakuler.

"Segoro Topeng Kaliwungu merupakan acara penutup dari rangkaian South Beach Festival yang berlangsung sejak tanggal 23 hingga 25 Juni 2023 di Pantai Watu Pecak," ujar Bupati Lumajang dilansir dari laman Antara, Senin (26/6).

Menurutnya, pertunjukan yang melibatkan 500 penari topeng Kaliwungu dan 50 jaran kencak dengan latar belakang pemandangan Pantai Watu Pecak adalah upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Semoga acara ini dapat mendunia dan meningkatkan pariwisata di Kabupaten Lumajang, dengan pertunjukan seni yang spektakuler seperti topeng Kaliwungu," tambahnya.

Acara ini dimulai dengan kegiatan seremonial dan diikuti oleh parade 50 jaran kencak serta sejumlah penari kopyah sebagai pengiring. Selanjutnya, penampilan kolosal Kidung Katresnan dilanjutkan dengan pertunjukan 500 penari topeng Kaliwungu, menciptakan tontonan yang menarik dan spektakuler.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, menjelaskan bahwa South Beach Festival 2023 adalah hasil kolaborasi dari empat perangkat daerah.

Kegiatan ini dimulai dengan pembersihan pantai oleh Dinas Lingkungan Hidup, Festival Layang-layang oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Watu Pecak Fishing Tournament oleh Dinas Perikanan. ***