TAMBAH 50 PETUGAS PENJAGA PERLINTASAN KA TAK TERJAGA

Minggu, 24 Desember 2023 09:40 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-DAOP 9.jpg
Kantor Pt KAI Daop 9 Jember

JEMBER I halojatim.com -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember waspada akan hal yang tak diinginkan. Mereka menyiagakan puluhan petugas penjaga pintu perlintasan ekstra di sejumlah perlintasan sebidang yang tidak terjaga selama masa angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

"Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Natal dan Tahun Baru, kami menambah 50 personel petugas penjaga pintu perlintasan ekstra di perlintasan tak terjaga, tapi ramai lalu lintas-nya," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro.

 

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas sesuai UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan Raya. Ketika melintas di perlintasan sebidang, para pengguna jalan raya wajib berhenti di rambu tanda "STOP", kemudian tengok kiri kanan untuk meyakinkan di kedua arah jalur rel tidak ada kereta api yang melintas, jika sudah yakin baru bisa melewati perlintasan tersebut.

 

Selain itu, kata Cahyo, juga telah dilakukan penanaman rumput akar wangi pada tebing di daerah Gunung Gumitir seluas 200 x 40 meter untuk mengantisipasi terjadinya longsor di petak Garahan Kabupaten Jember - Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Katanya,  KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan keamanan dan ketertiban sebagai langkah peningkatan menjaga keamanan dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api.

 

"Kami menyiapkan tenaga keamanan dan ketertiban yang terdiri dari 55 Polsuska, 100 petugas keamanan, serta dari pihak eksternal sebanyak 21 anggota TNI/Polri," kataya.

 

Ia mengatakan KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, dan memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.

 

"Petugas juga meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat sekitar," katanya.

 

Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru, lanjutnya, KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

 

Selama periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI Daop 9 Jember menyediakan 20 perjalanan KA dan 22 perjalanan KA pada hari-hari tertentu dengan total 222.264 tempat duduk disediakan yang terdiri dari KA jarak jauh dan lokal. (*)