SMAN 1 Krembung Bagikan Helm ke Pengguna Jalan

Sabtu, 20 Juli 2024 04:25 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-KREMBUNG.jpeg
Kepala Sekolah SMAN 1 Krembung Suswanto hendak mengenakan helm kepada pengguna jalan.

SIDOARJO I halojatim.com- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Krembung punya kepedulian kepada keselamatan siswa di jalan. Pada Jumat pagi (19/7/2024), sekolah tersebut mengadakan kegiatan keselamatan berkendara atau safety riding.

 

''Kegiatan ini sudah kali kedua. Tahun lalu juga diadakan dan diikuti oleh semua siswa dan pengajar SMAN 1 Krembung,'' kata Kepala Sekolah SMAN 1 Krembung Suswanto. 

 

Tercatat 1.200 an lebih siswa dari kelas X, XI, dan XII ikut. Mereka ada yang berboncengan dan ada juga yang naik motor sendiri. 

 

''Semuanya memakai helm sebagai tanda mereka perduli kepada diri sendiri dan patuh lalu lintas selama di jalan,'' ungkap Suswanto.

 

 Kegiatan tersebut juga melibatkan kepolisian. Dalam hal ini, Polisi Sektor atau Polsek Krembung. 

 

  ''Safety Riding dimulai tepat pukul 07.00 dengan start di Halaman SMAN 1 Krembung. Sebelumnya kami juga mengadakan istiqosah agar acara bisa berlangsung aman dan lancar,'' jelas Suswanto.

 

  Rute yang dilakukan yakni SMAN 1 Krembung melewati Pertigaan Krembung, Desa Wonomlati, Desa Kebaron (Tulangan), Pertigaan Tulangan,  Desa Kenongo (Tulangan), Desa Mojoruntut (Krembung), dan kembali sekolah. 

 

  Dalam perjalanan, Suswanto yang didampingi Kanit Sabhara Polsek Krembung Iptu Sudarso serta beberapa personel juga membagikan dan memasang helm kepada pengguna jalan. Tujuannya agar kesadaran mereka memakai helm sebagai alat pengamanan berkendara terus meningkat.

 

Tercatat ada lima titik pembagian helm. Di antara Mapolsek Krembung, Pertigaan Tulangan, dan Mojoruntut. ''Ada 25 helm yang dibagikan. Dengan setiap titik membagikan dan memasangkan lima helm,'' jelas Suswanto yang juga pernah menjadi Kepala Sekolah di SMAN 1 Gresik dan Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (Smanor) Jatim itu.

 

 Menariknya ketika hendak membagikan helm kepada pengguna jalan, banyak dari mereka yang ketakutan. Masyarakat mengira akan ada tilang di jalan. Beberapa di antaranya memilih putar balik. 

 

''Saya nggak pakai helm karena rumah dekat dari sini,'' kata salah satu warga saat pembagian dan pemasangan helm di Pertigaan Tulangan.

 

  Iptu Sudarso sendiri mengapresiasi kegiatan yang digagas Suswanto. Baginya, Safety Riding akan mengurangi kecelakaan yang terjadi di masyarakat dan pelajar. 

Safety Riding SMAN 1 Krembung tersebut dilaksanakan berbarengan memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. Hanya, jamnya berbeda. 

 

''Setelah Safety Riding barulah merayakan Tahun Baru Islam,'' ujar Suswanto. (*)